Sukses

Ini 5 Kabupaten/Kota dengan Kenaikan Kasus COVID-19 Tertinggi di Jawa Barat

Liputan6.com, Jakarta Hingga 9 Agustus 2020, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mencatat ada lima kabupaten/kota dengan kenaikan kasus positif COVID-19 tertinggi di Jawa Barat.

Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Dewi Nur Aisyah menyampaikan, dari data analisis Satgas COVID-19 terlihat kabupaten/kota di Jawa Barat yang menyumbangkan kenaikan kasus COVID-19 tertinggi.

"Salah satunya di Bandung ada Kabupaten Bandung dengan kenaikan kasus 164,4 persen. Di Kota Bandung sendiri, kenaikan kasus 287,5 persen," papar Dewi dalam dialog di Media Center Satgas COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Senin (10/8/2020).

"Kemudian ada Cirebon naik lebih dari 10 kali lipat, Kota Cimahi naik 400 persen, dan Kota Sukabumi naik lebih dari 10 kali lipat. Dari data ini, kita melihat alur atau sebuah sinyal untuk pemerintah daerah dalam menginvestigasi, kira-kira ada apa dan bagaimana penanganan COVID-19 dapat dilakukan dengan baik."

2 dari 3 halaman

Faktor Kenaikan Kasus

Dewi menerangkan adanya kenaikan kasus COVID-19 bisa dilihat dari tiga hal.  Pertama, laju penularannya memang sedang tinggi. Kondisi ini bisa terjadi karena ada yang positif mungkin pelacakan kontak belum berjalan.

"Untuk mengetahuinya, diadakan penyelidikan epidemiologi. Tapi orang yang bersangkutan sudah keburu berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang yang lain. Yang kedua, ada temuan kasus baru," terangnya.

"Ketiga, jumlah testing yang juga ditingkatkan. Di Jawa Barat, ada beberapa faktor penentu. Tapi kita memang melihat saat ini kondisinya di Indonesia, jumlah kasus saat ini bertambah, selain karena jumlah pemeriksaan yang bertambah juga laju penularannya cenderung meningkat lebih tinggi."

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini: