Sukses

3 Prinsip Penting Pembuatan Vaksin COVID-19 di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19 Wiku Adisasmito menyampaikan bahwa Indonesia berusaha keras untuk menyediakan proteksi kepada masyarakat dari virus SARS-CoV-2 salah satunya dengan vaksin. Ada tiga hal yang menjadi point penting pemerintah dalam pembuatan vaksin. 

“Dalam pembuatan vaksin perlu ada tiga hal penting yang diperhatikan. Yaitu aman, tepat, dan cepat,” ujar Wiku dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan Jakarta yang dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (24/7/2020).

Ia menambahkan, yang disebut aman adalah vaksin harus mampu memberi perlindungan dan tidak memberikan efek samping yang membahayakan. Sedangkan tepat, berarti vaksin harus menimbulkan kekebalan yang spesifik terhadap COVID-19.

Ketiga cepat, artinya vaksin harus diproduksi dengan baik dalam jumlah yang memadai tanpa melupakan kondisi sekarang yang menuntut ditemukannya vaksin secara cepat.

Wiku juga menuturkan bahwa ada tim pakar di bidang vaksin dan obat yang masuk dalam Satuan Tugas Penanganan COVID-19. 

"Tim ini untuk memastikan kandidit vaksin yang dibuat cocok dan sesuai juga memberikan perlindungan bagi masyarakat indonesia," tutur Wiku. 

Ia menambahkan, pembuatan vaksin akan dilakukan oleh pemerintah dan perusahaan obat Indonesia. Hal ini berdasar kepada asas kemandirian. 

2 dari 2 halaman

Simak Video Berikut Ini: