Sukses

Omaswati dan Papa T Bob Punya Riwayat Diabetes, Kenali Gejala Awal yang Sering Terabaikan

Belum diketahui penyebab pasti meninggalnya wanita usia 54 ini, namun ia dikabarkan memiliki riwayat diabetes.

Liputan6.com, Jakarta Panggung hiburan Tanah Air kembali berkabung. Pasalnya, salah satu pelawak senior, Omaswati, meninggal dunia pada Kamis (16/7/2020) malam. Menurut penuturan keluarga, semasa hidup, Omas dikabarkan memiliki riwayat penyakit diabetes.

Belakangan kadar gula darah dalam tubuhnya tak terlalu tinggi. Namun, sang adik, Mastur menyebut, Omas sempat mengalami masalah pada paru-paru.

"Iya betul (meninggal), sakit sih sudah lama ya, kata dokter sih paru-paru," jelas Mastur, mengutip Showbiz-Liputan6.com.

Sebelum meninggal dunia, Omas memang sudah mengalami penurunan kesehatan. Ia sempat dilarikan ke rumah sakit untuk upaya penyembuhan.

"Udah sempat ke rumah sakit. Cuma kan udah enak lagi badannya, terus belum tahu lagi kabarnya. Tahunya dapat kabar dari mama udah enggak ada (meninggal)," kata Ahmad Pule, keponakan Omas.

"Sakitnya kurang tahu. Kemarin kan gulanya lagi rendah," tambahnya.

Sebelumnya, pencipta lagu anak Papa T Bob pun dikabarkan meninggal. Sama halnya dengan Omas, ia juga memiliki riwayat diabetes.

Diabetes atau dikenal juga penyakit gula adalah salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia. Data International Diabetes Federation tahun 2017 menyebutkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-6 dengan jumlah penderita diabetes terbanyak. 

Menurut dokter spesialis penyakit dalam Alvin Nursalim, penderita diabetes di Tanah Air mencapai 20 juta orang pada tahun 2018. Kebanyakan orang dengan diabetes datang menemui dokter ketika penyakitnya sudah sulit diatasi.

Penting mengetahui gejala awal dari penyakit diabetes guna mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gejala Awal Diabetes yang Sering Diabaikan

Menurut Alvin, pasien dengan diabetes sering kali datang ke rumah sakit ketika keadaanya sudah parah. Kebanyakan dari mereka baru berobat ketika sudah terluka.

“Perlu diakui gejala awalnya memang tidak khas,” kata Alvin kepada Pak Zul, salah satu penderita diabetes dalam video yang diunggah Klikdokter.

Ia menyebutkan bahwa gejala awal orang yang terkena diabetes adalah mudah merasa lapar dan haus. Hal ini diakui oleh Zul yang memang mudah merasa lapar.

Selain itu, gejala lain yang dapat mengindikasikan seseorang mengidap penyakit gula adalah meningkatnya intensitas buang air kecil.

“Jadi penderita diabetes itu memang sering banget mudah merasa lapar, mudah merasa haus, sering buang air kecil, serta berat badan yang menurun,” ujarnya.

Ia menyarankan, jika memiliki gejala seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya segera menemui dokter agar dapat segera ditangani.

“Kalo ada gejala seperti itu, segera cek ke puskesmas. Biar gula darah bisa diatur, dikontrol, dicek,” jelas Alvin.

Dalam tayangan tersebut, Zul juga menunjukkan bahwa kakinya terluka dan walau sudah dua bulan namun luka itu tak kunjung sembuh.

“Ini merupakan salah satu komplikasi dari diabetes. Kalau sudah seperti ini saya sarankan untuk diperiksa.”

Penyakit diabetes dapat diobati dengan cara-cara yang mudah, kata Alvin. Mulai dari menjaga pola makan, olahraga, dan kontrol ke dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.