Sukses

Bawa Hand Sanitizer Selama Adaptasi Kebiasaan Baru, Begini Cara Pakai yang Tepat

Membawa hand sanitizer selama Adaptasi Kebiasaan Baru juga perlu pahami cara menggunakan dengan tepat.

Liputan6.com, Jakarta Selama Adaptasi Kebiasaan Baru, hand sanitizer menjadi salah satu barang yang perlu dibawa. Hal ini menjamin tangan tetap bersih. Apalagi jika tempat cuci tangan pakai sabun terdekat dengan kita tidak ada.

Namun, untuk menggunakan hand sanitizer harus tepat. Kita tidak hanya menuangkan lalu menggosok-gosokkan ke tangan dengan sembarangan. Ada cara yang tepat menggunakan hand sanitizer.

"Untuk penggunaan hand sanitizer, sebaiknya tetap mengutamakan cara membasuh dengan benar, selayaknya kita mencuci tangan pakai sabun," terang dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito A Damay melalui kiriman video Instagram pribadinya kepada Health Liputan6.com, ditulis Jumat (19/6/2020).

"Caranya, setelah diteteskan cairan hand sanitizer. Kita membasuh bagian telapak tangan, punggung tangan, sela-sela tangan, ujung-ujung jari dan sela-sela antara jempol dengan telunjuk. Ini karena tangan, tempat dimana virus atau kuman."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan Hanya Sekadar Semprot

Vito menegaskan, penggunaan hand sanitizer bukan hanya sekadar menyemprot. Jari-jari dan sela-sela tangan juga harus dibasuh dengan baik seperti kita mencuci tangan pakai sabun.

"Jadi, caranya bukan sekadar disemprot. Sesuai dengan kaidah cara mencuci tangan juga. Supaya menjamin cairan alkohol tersebut memang membasahi di tangan dan tidak ada bagian yang terlewatkan," tegas dokter yang berpraktik diSiloam Hospital Lippo Village, Tangerang.

"Kalau tangan kita kotor banget sehabis makan ya basuh tangan dengan air mengalir dan pakai sabun, mutlak dong."

Sebelum memakai atau memperbaiki posisi masker, tangan juga harus bersih. Kita sering melihat orang lain memperbaiki posisi masker dengan tangan langsung, yang menyentuh bagian depan masker.

"Kita sering melihat orang lain memperbaiki posisi maskernya dari depan (menyentuh depan masker). Tapi sebenarnya pegang bagian di sampingnya," ujar Vito.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.