Sukses

Sekolah dari Rumah, Ini Tips agar Anak Tidak Bosan Belajar

Saskhya Aulia Prima, M.Psi, Psikolog Co Founder Rumah Konsultasi Tiga Generasi menyampaikan cara menepis rasa bosan pada anak ketika Study From Home (SFH).

Liputan6.com, Jakarta Saskhya Aulia Prima, M.Psi, Psikolog Co Founder Rumah Konsultasi TigaGenerasi menyampaikan cara jitu menepis rasa bosan pada anak ketika Study From Home (SFH).

Menurutnya, sebagian anak akan merasa kesulitan dalam melakukan SFH karena anak tidak memiliki motivasi dari lingkungan. Biasanya, anak belajar bersama teman-temannya, namun sekarang mereka menemukan situasi baru.

Situasi ini yang membuat anak harus menyesuaikan diri agar tidak merasa bosan. “Dalam hal ini orangtua memiliki peran tiga kali lipat, urusan pekerjaan, urusan rumah, dan mendidik anak,” kata Saskhya dalam seminar daring bersama Cerebrofort, Selasa (28/4/2020).

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menata Tempat Belajar

Untuk membantu anak agar tidak merasa bosan saat SFH, Saskhya menyarankan untuk melakukan pengubahan tempat belajar anak. Orangtua bisa menyiapkan ruang khusus yang nyaman untuk anak belajar.

“Atau dapat juga belajar ala-ala piknik dengan menggelar tikar di halaman atau teras rumah.”

Selain itu, anak harus diberi selang waktu saat belajar. Misal, membuat anak bergerak dengan melakukan kegiatan rumah yang sederhana. Seperti memasak masakan sederhana yang disukai anak.

Anak juga harus diberi ruang bermain secara mandiri. “Biarkan mereka mengeksplorasi permainan yang disukai untuk menciptakan hal kreatif. Membiarkan mereka bermain sendiri bukan berarti menelantarkan.”

Hal yang tak kalah penting adalah membuat sistem pembelajaran kreatif. Orangtua dapat memberikan pelajaran kepada anak dengan cara-cara yang unik.

“Misal, anak diminta mengambil daun warna hijau kemudian belajar menggunakan daun tersebut.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.