Sukses

Sembuh dari COVID-19, Tom Hanks dan Istri Donorkan Darah untuk Penelitian Vaksin

Tom Hanks dan sang istri mengatakan akan donorkan darah mereka untuk penelitian usai sembuh dari COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Aktor Tom Hanks menjadi salah satu tokoh dunia yang dinyatakan positif COVID-19 beberapa waktu lalu. Baru-baru ini, dia dan sang istri, Rita Wilson mengatakan akan mendonorkan darah mereka untuk penelitian.

Tom Hanks mengatakan dia dan sang istri akan mendonorkan darah mereka untuk menbantu penelitian medis untuk mencari vaksin COVID-19.

Keduanya mengumumkan terkena virus corona pada awal Maret lalu dan harus dirawat di Australia. Usai dinyatakan sembuh, mereka pun kembali ke Los Angeles dan melakukan pemulihan penuh.

"Kami baru tahu bahwa kami memiliki antibodi," kata pengisi suara Woody di Toy Story itu kepada NPR, dikutip dari Global News pada Kamis (23/4/2020).

Simak Juga Video Menarik Berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Donorkan Darah untuk Penelitian Vaksin

Dalam wawancara tersebut, Hanks mengatakan dirinya tidak hanya ingin mendapatkan bantuan. Inilah yang membuat aktor Cast Away ini menawarkan plasma darahnya untuk didonorkan kepada tempat penelitian vaksin.

"Pada kenyataannya, kami akan memberikannya saat ini ke tempat di mana ada pekerjaan yang saya sebut Hank-ccine," kata Hanks dalam kesempatan tersebut.

Kepada CBS This Morning, Wilson menceritakan bahwa dokter memberitahu bahwa ada kemungkinan mereka kebal terhadap virus corona baru ini. Dengan kepercayaan tersebut, keduanya pun menyumbangkan darah mereka.

"Kami menunggu untuk mendengar balik apakah antibodi kami akan membantu pengembangan vaksin, selain itu apakah kami dapat menyumbangkan plasma yang bisa digunakan sebagai donasi untuk orang lain yang menderita virus karena kami kebal," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Ungkap Pengalaman Terkena Virus Corona

Dalam kesempatan tersebut, Wilson mengungkapkan dirinya sempat mengalami perasaan lelah, tidak nyaman, demam, dan menggigil hingga kehilangan indera penciuman. Namun, Hanks berbeda, pria 63 tahun itu tidak mengalami demam tinggi dan tidak kehilangan indera penciuman dan perasa.

Wilson juga menceritakan bahwa ia diberikan obat chloroquine yang membuatnya mengalami efek samping seperti kelemahan otot, mual, dan vertigo.

"Kita harus benar-benar mempertimbangkan mengenai obat ini," kata Wilson. "Kita tidak apakah ini aman dalam kasus ini," ujarnya seperti dikutip dari The Independent.

Dalam acara televisi Saturday Night Live pekan lalu, Hanks untuk pertama kalinya tampil di televisi usai dinyatakan terjangkit virus corona.

"Sejak didiagnosis, saya merasa lebih seperti ayah Amerika ketimbang sebelumnya," seloroh pemeran Robert Langdon di film Da Vinci Code itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.