Sukses

Daftar Wilayah yang Belum Bisa Terapkan PSBB

Tidak semua daerah dapat menerapkan PSBB. Hal ini dilihat dari kriteria wilayah terkait peningkatan kasus Covid-19, kesiapan wilayah, dan hasil kajian epidemiologi di wilayah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua daerah dapat menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini dilihat dari kriteria wilayah terkait peningkatan kasus Covid-19, kesiapan wilayah, dan hasil kajian epidemiologi di wilayah tersebut.

Berikut daftar wilayah yang telah mengajukan permohonan namun belum dapat menerapkan PSBB di wilayahnya.

Kabupaten Rote Ndao, NTT

PSBB di Kabupaten Rote Ndao belum bisa diterapkan. Pasalnya, wilayah ini belum memenuhi kriteria penetapan PSBB.

Usulan diberikan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao pada (6/4/2020). Namun, setelah dilakukan kajian epidemiologi dan aspek lainnya oleh tim teknis, Menkes memutuskan kabupaten ini belum dapat menerapkan PSBB.

Keputusan dilayangkan langsung kepada Bupati Rote Ndao pada (11/4/2020) seperti dilansir Sehat Negeriku..

Palangka Raya

Pemerintah Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengirimkan surat permohonan PSBB pada (8/4/2020). Namun, PSBB belum bisa diterapkan di sana.

Pada (12/4/2020), Menkes mengirim surat balasan kepada Walikota Palangka Raya yang menyatakan Palangka Raya belum dapat menerapkan PSBB.

"PSBB di Palangka Raya belum bisa diterapkan karena wilayah itu belum memenuhi kriteria PSBB," kata Menkes (12/4/2020) dilansir Sehat Negeriku.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sorong Hingga Gorontalo

Sorong

PSBB juga belum bisa diterapkan di Sorong. Usulan ini diberikan Pemerintah Sorong pada (6/4/2020). Surat balasan diberikan Menkes kepada Wali Kota Sorong pada (12/4/2020) yang menyatakan belum bisa diterapkan di sana.

Kabupaten Fakfak, Papua

Wilayah lain yang belum bisa menerapkan PSBB adalah Kabupaten Fakfak, Papua. Bupati Fakfak melayangkan usulan pada (9/4/2020). Kemudian pada (14/4/2020) surat balasan dikirimkan Menkes dan menyatakan belum bisa diterapkan di kabupaten tersebut.

Bolaang Mangondow

Menteri kesehatan memutuskan belum bisa menerapkan PSBB di Boolang Mangondow, Sulawesi Utara. Permohonan diberikan oleh Bupati Bolaang Mangondow pada (10/4/2020).

"Atas pertimbangan kajian epidemiologi dan aspek-aspek lainnya oleh tim teknis, kami belum bisa menetapkan PSBB di sana," kata Menkes Terawan, (15/4/2020).

Gorontalo

Sama halnya dengan Boolang Mangondow, Pemerintah Provinsi Gorontalo juga belum dapat menerapkan PSBB. Permohonan dilayangkan pada (15/4/2020) dan balasan Menkes diberikan pada (19/4/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.