Sukses

Komposisi Makanan Selama di Rumah Aja karena Pandemi Corona COVID-19

Perhatikan asupan makanan yang dianjurkan selama pandemi COVID-19 di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia sudah satu bulan mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah aja selama pandemi Corona COVID-19.

Sebagai upaya mendukung pemerintah dalam mencegah penularan Virus Corona, Beko Indonesia menghadirkan semangat Live Like a Pro, guna mengajak masyarakat untuk menjalani pola hidup sehat.

"Ini berguna melawan penyebaran virus dan penyakit berbahaya," kata Country General Manager Beko Indonesia.

Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Pondok Indah-Bintaro Jaya, dr Diana G Suganda MKes SpGK, menambahkan, mencegah penyebaran virus, seperti Virus Corona, dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan harus dari dalam dan luar tubuh.

Dari luar tubuh, seperti mengikuti anjuran pemerintah untuk rajin cuci tangan dan menjaga kebersihan lingkungan. Sedangkan dari dalam tubuh, dengan rutin berolahraga, cukup istirahat, dan menjaga pola makan sehari-hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingkatkan Imunitas Guna Terhindar dari Paparan Virus Corona

Diana, menjelaskan, virus merupakan makhluk hidup berukuran mikro atau bisa disebut mikroorganisme yang hanya bisa hidup jika memiliki inang, seperti manusia atau hewan. Pada saat virus menemukan inangnya, virus akan menjelajah masuk kedalam sel tubuh manusia dan dapat merusak sel tubuh. Di sinilah imunitas tubuh dibutuhkan.

“Imunitas atau sistem kekebalan berperan sebagai barrier yang berfungsi untuk menahan tubuh dari serangan berbagai virus. Jika sistem kekebalan tubuh kita baik, virus memang akan tetap ada di dalam tubuh kita, hanya saja virus tersebut bersifat dormant atau tertidur, kata Diana seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Jumat, 17 April 2020.

Untuk memperkuat imunitas tubuh, lanjut Diana, tentunya kita harus disiplin dalam hal memilih asupan. Asupan yang baik bukan hanya dari buah dan sayur tetapi juga protein. Protein khususnya dibutuhkan untuk orang-orang yang ingin menaikan sistem kekebalan tubuhnya.

Konsumsi sayuran dan buah (vitamin dan mineral) tentu diperlukan, hanya saja yang perlu diingat adalah untuk tetap menjaga konsumsi gizi secara seimbang, contohnya di dalam 1 piring harus mencakup karbohidrat, protein hewani, protein nabati, vitamin dan mineral.

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.