Sukses

Tingkatkan Imunitas Cegah Corona COVID-19: Berhenti Merokok, Jangan Begadang

Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah COVID-19 selain dari memenuhi asupan gizi

Liputan6.com, Jakarta Selain menjaga jarak fisik dan mengurangi kegiatan di luar rumah, serta cuci tangan, menjaga imunitas atau kekebalan tubuh adalah salah satu strategi dalam mencegah diri sendiri terkena COVID-19.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi COVID-19. Cara sederhana ini sesungguhnya sudah sering digaungkan sebelum adanya wabah ini.

"Bagi yang memiliki kebiasaan merokok, segera hentikan, dan jaga pola tidur, jangan begadang," kata dokter Tirta Prawira Sari, spesialis gizi klinik dalam sebuah diskusi daring pada Senin kemarin.

Dalam siaran pers yang diterima oleh Health Liputan6.com pada Selasa (14/4/2020), Tirta mengatakan bahwa apabila dua hal tersebut dilakukan dengan disiplin, maka akan menjaga imunitas tubuh.

Faktor lain yang bisa menurunkan kekebalan tubuh adalah stres. Sehingga, selain mengurangi rokok dam tidur yang cukup, jagalah diri dari stres secara berlebihan.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saling Berbagi Bantu Penuhi Gizi Masyarakat Tak Mampu

Untuk menjaga imunitas tubuh lain adalah dengan meningkatkan kebutuhan gizi dengan makanan. Sayangnya, ada beberapa orang yang kebutuhan pokoknya jadi lebih sulit terpenuhi karena adanya COVID-19.

Di sini, aktivis sosial Jumrana Salikki mengajak masyarakat yang mampu untuk saling berbagi dengan mereka yang daya belinya menurun karena pandemi ini dan membuatnya tak bisa mengakses atau membeli makanan.

"Dalam situasi yang tidak menentu ini, perlu dibangun kesadaran kolektif antar sesama karena pandemi belum diketahui berakhirnya," kata Jumrana pada kesempatan yang sama.

"Menjadi kewajiban semua warga negara untuk bekerja sama dan tidak membiarkan pemerintah menyelesaikan masalah ini sendiri," katanya. "Setiap warga mestinya mengambil peran."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.