Sukses

12 Wastafel Portabel akan Hadir di Titik Keramaian Bandung

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana menempatkan sejumlah wastafel portabel di sejumlah titik keramaian seperti pasar tradisional dan terminal. Beberapa di antaranya merupakan hasil kolaborasi lewat Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pertamina.

Liputan6.com, Bandung Demi mencegah virus corona, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana menempatkan sejumlah wastafel portabel di sejumlah titik keramaian seperti pasar tradisional dan terminal.

Sebanyak 12 unit wastafel di antaranya merupakan hasil kolaborasi lewat Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pertamina.

Menurut Wali Kota Bandung Oded M. Danial, bantuan CSR dari Pertamina ini selaras dengan program Pemkot Bandung untuk menempatkan wastafel portabel di sejumlah titik. Hal ini sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus corona atau Covid-19. Karena salah satu cara ampuh mencegah Covid-19 yaitu menjaga kebersihan melalui tertib mencuci tangan.

"Rencananya ini akan dipasang 5 unit di pasar tradisional, 3 unit di taman-taman, 2 unit di terminal, dan masing-masing 1 unit di Balaikota dan Kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian," ucap Oded dalam keterangan resminya Bandung, Jumat, 3 April 2020.

Oded berharap dengan ketersediaan wastafel portabel ini masyarakat menjadi lebih sadar untuk semakin waspada dalam menghadapi pandemi virus corona. Sehingga, upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini bisa terlaksana secara cepat.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penerapan PHBS

Oded mengaku menaruh harapan penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ini tidak hanya ketika merebaknya virus corona. Namun, bisa terus berlanjut dalam kesehariannya ketika situasi kembali normal.

"Saya berharap adanya program pemasangan wastafel di beberapa titik keramaian, bisa bermanfaat panjang. Artinya bisa di pakai jangka panjang dalam rangka menerapkan PHBS," ujar Oded.

Sementara itu dicuplik dalam siaran pers Pemkot Bandung, Sales Area Manager Retail Pertamina Bandung, Sylvia G. Yuvenna berharap, pemberian wastafel ini menjadi bentuk partisipasi memutus rantai penyebaran Covid-19.

Setelah semua wastafel terpasang, Sylvia berharap seluruh pihak yang menggunakannya dan menjaganya agar wastafel bisa digunakan dalam jangka waltu yang lama.

"Kami menyediakan 12 tempat cuci tangan untuk Kota Bandung, 2 dari Pertamina Lubricants dan 10 dari Pertamian Persero. Jadi kami menyediakan tempat cuci tangan ini sebagai bagian dari CSR Pertamina dan sejalan dengan program Pemkot Bandung," kata Sylvia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.