Sukses

Tips WHO agar Tetap Aktif Meski Habiskan Waktu di Rumah untuk Cegah COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Meskipun orang-orang harus menghabiskan sebagian besar waktu di rumah saja untuk mencegah COVID-19, banyak pihak mengimbau masyarakat tetap aktif bergerak demi menjaga kesehatannya.

Untuk itu, dalam laman resminya, dikutip Jumat (3/4/2020), World Health Organization (WHO) memberikan beberapa tips agar orang-orang tetap aktif meskipun lebih banyak berkegiatan di dalam dan sekitar rumah demi mencegah penyebaran COVID-19.

1. Mengurangi Waktu Duduk Terlalu Lama

WHO menyarankan agar orang-orang untuk tidak duduk terlalu lama untuk alasan apa pun seperti bekerja, belajar, menonton TV, membaca, atau bermain gim.

"Kurangi waktu duduk lama dengan istirahat singkat 3 sampai 5 menit setiap 20 sampai 30 menit," tulis mereka. Saat itu, Anda bisa berdiri dan meregangkan badan atau berjalan-jalan di sekitar rumah, ke kebun, atau naik turun tangan.

"Dengan bergerak dan melakukan peregangan, Anda dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan."

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menjadwalkan Rutinitas

2. Tetapkan Rutinitas Aktif Setiap Hari

Buatlah aktivitas fisik sendiri atau dengan kelas daring bersama-sama teman-teman. Menyisihkan waktu tertentu memastikan seseorang untuk mendapatkan asupan kegiatan fisik harian.

Selain itu, ini juga membantu anda untuk menyesuaikan diri dengan cara baru selama bekerja, belajar, dan kehidupan keluarga di tengah pembatasan aktivitas sosial akibat COVID-19.

3 dari 5 halaman

Berkegiatan Bersama Orang Lain

3. Aktif Bersama Keluarga dan Teman

Terhubung dengan orang lain dapat membantu Anda dan keluarga di rumah, menghabiskan waktu dan tetap aktif.

"Merencanakan waktu untuk tetap aktif dengan anak-anak dengan permainan aktif di rumah, berjalan-jalan di taman, atau bersepeda dapat menjadi cara seluruh keluarga bisa bersantai, bersama, serta menjadi aktif dan sehat saat di rumah."

4 dari 5 halaman

Menetapkan Tujuan

4. Tetapkan Tujuan untuk Tetap Aktif

Pilihlah kegiatan tertentu, waktu atau hari di mana Anda melakukannya, serta durasi yang dibutuhkan untuk aktivitas tersebut setiap hari. Mintalah anggota keluarga untuk menetapkan tujuan mereka masing-masing dengan sedikit tantangan yang realistis.

"Catat kemajuan Anda pada bagan kegiatan mingguan dan jika menurut Anda itu membantu, hadiahi diri sendiri dengan sesuatu yang sangat Anda hargai," kata WHO.

5 dari 5 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini