Sukses

6 Pengobatan Wasir yang Dapat Anda Lakukan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Wasir atau ambeien merupakan pembengkakan pembuluh darah di bagian bawah anus yang biasanya dialami oleh orang dewasa. Wasir, begitu yang dikenal masyarakat, dapat menimbulkan rasa sakit pada anus.

Umumnya, wasir bisa hilang tanpa adanya pengobatan yang serius dalam beberapa minggu. Anda dapat melakukan pengobatan sederhana di rumah. Oleh karena itu, Anda juga perlu memperhatikan beberapa pengobatan rumahan di bawah ini:

1. Mandi Air Hangat

Anda dapat berendam di dalam bak yang berisi air hangat untuk membantu Anda meringankan pembengkakan dan mengurangi iritasi yang disebabkan oleh wasir. Seperti dilansir dari Medical News Today.

2. Minyak Kelapa

Pastinya Anda mudah untuk mendapatkan minyak kepala. Minyak kelapa ini merupakan pelembab alami yang dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit gejala wasir. Dengan mengoleskan minyak kelapa, Anda dapat mengurangi iritasi dan pembengkakan serta mengurangi rasa gatal.

2 dari 4 halaman

3. Lidah Buaya

Menurut penelitian, BioMed Research International, lidah buaya memiliki efek anti-inflamasi pada tubuh yang dapat membantu Anda menyembuhkan luka. Lidah buaya juga dapat meringankan rasa gatal, terbakar, dan bengkak yang disebabkan wasir. Namun, perlu dipastikan bahwa lidah buaya yang Anda gunakan alami, tidak mengandung pengawet yang akan memperburuk gejalanya.

4. Minum Air

Menurut penelitian, The Permanente Journal, sebagian besar masalah anal, seperti wasir, disebabkan oleh kurangnya cairan dalam makanan. Minum banyak cairan sepanjang hari dapat membuat tinja Anda lunak dan mudah bekerja di usus dan menghasilkan tinja yang jauh lebih lembut sehingga membutuhkan lebih sedikit energi untuk mengeluarkannya serta tak menyebabkan iritasi pada anus.

3 dari 4 halaman

5. Mengonsumsi Makanan Kaya Akan Serat

Makanan yang tinggi akan serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan, terutama saat buang air besar. Serat yang mudah menyerap air dapat membantu melunakan tinja sehingga terasa ringan saat mengeluarkannya

6. Beristirahat

Jika harus duduk dalam jangka waktu yang lama, Anda dapat bangun dari posisi tersebut setiap jam dan bergeraklan setidaknya selama 5 menit. Anda dapat mengulanginya kembali. Hal ini seperti yang dilansir dari WebMD.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading