Sukses

Studi: Sapi Bisa Ngobrol Satu Sama Lain

Sebuah studi menemukan bahwa sapi juga mampu mengekspresikan emosinya satu sama lain

Liputan6.com, Jakarta Sapi punya cara sendiri untuk berkomunikasi satu sama lain. Sebuah studi mengungkapkan temuan ini.

Para peneliti melakukan studi terhadap sapi berjenis holstein-fresian. Mereka menganalisis 333 sampel suara sapi dengan sebuah program.

Dalam temuannya, terungkap bahwa sapi mampu memberikan isyarat dalam situasi tertentu dan mengekspresikan emosi yang berbeda seperti rasa gembira, gairah, tidak nyaman, hingga kesulitan.

Pimpinan penelitian, Alexandra Green mengatakan, pertanda positif terlihat ketika sapi betina sedang bersiap untuk diberi makan. Sementara, tanda negatif terlihat saat mereka tidak diberi akses ke makanan serta isolasi fisik dan visual dari kawanan lainnya.

"Kami menemukan bahwa vokal individu sapi relatif stabil di berbagai konteks pertanian yang dimuat secara emosional," kata Green seperti dikutip dari New York Post pada Selasa (21/1/2020).

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sapi adalah Hewan Sosial

Green mengungkapkan, penelitian sebelumnya menemukan pola komunikasi antara induk sapi dengan anaknya. Ini mengungkapkan bahwa hewan tersebut adalah hewan sosial.

"Tidak mengherankan jika mereka menegaskan identitas individu mereka sepanjang hidup dan tidak hanya selama masa ibu dan anak," kata Green.

"Tetapi ini adalah pertama kalinya kami dapat menganalisis suara untuk memiliki bukti konklusif dari sifat ini."

Green berharap, studi yang dimuat di jurnal Scientific Reports ini bisa digunakan oleh peternak dan diintegrasikan ke dalam rutinitas mereka, agar mampu memahami hewan dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

"Pengetahuan tentang isyarat individualitas ini dapat membantu peternak dalam mendeteksi sapi secara individu untuk tujuan kesejahteraan atau produksi," kata para peneliti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.