Sukses

Merasa Lelah Terus-Menerus Bisa Jadi Tanda Anemia

Liputan6.com, Jakarta Dalam melakukan ativitas sehari-hari, seperti bekerja, bersosialisasi, bahkan berolahraga secara teratur dapat mendatangkan rasa lelah pada tubuh Anda. Apalagi tak memiliki waktu istirahat yang cukup, pastinya Anda akan terus mengeluh merasakan lelah.

Jika rasa lelah terus melanda, sebaiknya Anda menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. Selain itu, Anda juga dapat memahami penyebab rasa lelah di bawah ini:

1. PMS

Rasa lelah erat kaitannya dengan sindrom pramenstruasi. "Merasa lelah, bahkan sampai kelelahan adalah gejala umum PMS," kata pakar kesehatan wanita, Jennifer Wider, MD. Kelelahan dapat disebabkan berbagai faktor, termasuk, fluktuasi hormonal, kembung, dan gangguan tidur. Hal ini seperti yang dilansir dari Self.

2. Mengidap Alergi Musiman

Ketika memiliki alergi musiman, Anda akan mengalami batuk dan pilek. Oleh karena itu, Anda membutuhkan sistem kekebalan tubuh yang siap untuk melawan alergen sehingga dapat mengurangi rasa lelah Anda.

2 dari 4 halaman

3. Anda Terserang Virus

Ketika sistem kekebalan tubuh Anda bekerja keras menangkal virus, hal itu membutuhkan energi yang dapat menyebabkan Anda merasa lelah bahkan mengalami sakit hingga tingkat energi dan tubuh pulih kembali.

4. Anda Mengalami Depresi

Menurut psikolog, Alicia H. Clarks, Psy.D., sebagian besar dari depresi adalah perasaan yang tidak berdaya dan putus asa sehingga dapat menguras energi Anda. Depresi sering dikaitkan dengan perubahan pola tidur, termasuk insomnia. Hal ini yang dapat membuat Anda merasa lelah.

"Jika Anda merasa lelah, jangan lansung menganggap bahwa Anda sedang depresi. Namun, jika diikuti dengan perasaan sedih yang terus-menerus, merasa harga diri rendah, perubahan selera makan, dan sulit berkonsentrasi, bicarakanlah kepada dokter Anda," kata Clark.

3 dari 4 halaman

5. Anda Mengidap Anemia

Anemia berarti Anda tak memiliki cukup sel darah merah untuk mengambil oksigen. Oleh karena itu, dengan sedikitnya oksigen berarti energi lebih rendah dan sangat memungkinkan Anda untuk merasa lelah. Hal ini seperti yang dilansir dari Health.

6. Sindrom Kelelahan Kronis

Gejala sindrom kelelahan kronis (CFS) tentu saja kelelahan, tetapi dengan karakteristik tertentu. Kelelahan yang berlangsung selama enam bulan, akan mengakibatkan kesehatan mental dan fisik menjadi lebih buruk. Hal ini biasanya terjadi pada wanita yang berusia 40 sampai dengan 50 tahun.

Selain rasa lelah berkelanjutan, sindrom kelelahan kronis juga memiliki gejala umum lainnya, seperti sakit tenggorokan, pembengkakan kelenjar getah bening, nyeri otot, dan kesulitasn berkonsentrasi. Untuk mengatasi kondisi kesehatan ini, Anda dapat mengubah gaya hidup yang dapat memberikan lebih banyak energi.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mudah Lelah? Perhatikan 5 Tips di Bawah Ini
Artikel Selanjutnya
Inilah Alasan Liburan Tidak Benar-Benar Hilangkan Rasa Lelah Anda