Sukses

Tangani Ular Kobra, Jangan Lupa Gunakan Kacamata

Liputan6.com, Jakarta Ular kobra menghebohkan masyarakat Indonesia dalam sepekan ini. Hewan itu ditemukan di beberapa lingkungan perumahan warga.

Terakhir, seekor induk ular kobra ditemukan di sebuah perumahan di kecamatan Cilodong, Depok, Jawa Barat. Karena dianggap berbahaya, warga terpaksa membunuh hewan tersebut.

Salah satu yang paling ditakuti dari kobra adalah kemampuan mereka dalam menyemburkan bisa yang sangat berbahaya apabila terkena mata. Maka dari itu orang yang akan menanganinya disarankan untuk menggunakan pelindung mata.

"Yang disemburkan itu kan bisa, bisa menjangkau dua meteran. Kalau handling kobra harus pakai kacamata," kata Aji Rachmat, Ketua Yayasan Sioux Indonesia dihubungi Health Liputan6.com pada Jumat (13/12/2019).

2 dari 3 halaman

Perilaku yang Berbeda Dengan Ular Berbisa Lain

Aji mengatakan bahwa ular kobra adalah hewan yang memiliki perilaku agresif. Menurutnya, tingkah laku mereka berbeda dari jenis ular berbisa lain yang umumnya lebih kalem.

"Dia berbisa tinggi tapi agresif. Kalau yang lain viper, weling, welang itu gerakannya tenang," kata Aji.

Selain itu, ular dengan bisa tinggi umumnya akan mencari makan di malam hari. Sementara, mereka yang tidak berbisa, biasanya akan berburu mangsanya pada siang hari.

Dalam menangani ular, Aji lebih menyarankan masyarakat untuk berhati-hati. Dia merekomendasikan untuk cukup memotret, mengamati gerakannya, lalu meminta bantuan kelompok penanganan ular atau pemadam kebakaran.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Belasan Ular Kobra Teror Tiga Desa di Rembang
Artikel Selanjutnya
Ular Sanca 2,5 Meter Jadi Ajang Selfie Warga di Bekasi