Sukses

Bertemu Ular Kobra, Harus Lapor ke Mana?

Liputan6.com, Jakarta "Kalau ketemu ular kobra ya langsung lapor ke Pak RT/RW. Yang terdekat dulu. Kita pastinya takut juga andaikan ada ular kobra." 

Komentar tersebut dituturkan Aidil (54), warga Depok, Jawa Barat kepada Health Liputan6.com. Tahap selanjutnya, petugas pemadam kebakaran dapat dipanggil untuk menangani ular kobra.

Cara di atas termasuk paling mudah dilakukan warga bila bertemu ular kobra. Ada juga cara lain sebagaimana disampaikan Ketua Yayasan SIOUX Ular Indonesia, Aji Rachmat.

"Anda bisa langsung menghubungi kami, baik telepon maupun pesan singkat di nomor kontak 08176800446. Nanti, ada tim yang akan mengambil ular kobra," ujar Aji dalam sebuah siaran di sebuah stasiun televisi swasta, kemarin (10/12/2019).

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lapor ke Instagram SIOUX

Yayasan SIOUX Ular Indonesia terdapat divisi Sioux Snake Rescue (SSR) yang menangani kasus ular masuk rumah. Mereka juga melakukan sosialisasi dan edukasi seputar ular.

Ular yang diambil lalu dikarantina, kemudian dilepaskan ke tempat yang jauh dari pemukiman.  

"Bisa juga menghubungi kami di Instagram @ular_indonesia. Tinggal dicari aja di Instagram," Aji menerangkan.  

Anda bisa mengunggah foto ular kobra dan melaporkannya ke akun Instagram SIOUX Ular Indonesia. 

Dalam keterangan di akun Instagram Sioux Indonesia @ular_indonesia tercantum nomor kontak bila ingin meminta bantuan mereka dalam penyelamatan ular maupun edukasi penangangan ular.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.