Sukses

Gejala Penyakit Jantung Koroner pada Wanita

Liputan6.com, Jakarta Perempuan mempunyai gejala penyakit jantung yang sedikit berbeda dengan laki-laki. Pada penyakit jantung koroner tidak semua wanita mengeluhkan dada sakit.

Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa ada 43 persen partisipan dengan penyakit jantung koroner tidak menyadari dada mereka sakit. 

“Pada wanita biasanya enggak bilang sakit dada. Cuma, dia bilang seperti ada yang menindih 1 ton. Atau ada rasa enggak nyaman, ada rasa pegal sampai punggung, sesak, dan cepat berkeringat yang abnormal,” kata dokter spesialis penyakit dalam Sally Aman Nasution pada Rabu (11/12/2019) di acara Forum Diskusi Philips di Kuningan, Jakarta Selatan.

 

 

Selain gejala di atas, hal lain yang perlu diwaspadai sakit kepala. Selain itu, beberapa orang dengan penyakit jantung merasakan mual atau nyeri pada ulu hati. 

Menurut Sally, hal itu bisa terjadi jika lokasi penyakit jantung terletak di bagian bawah. Terkadang, orang menganggap bisa jadi itu adalah mag, ternyata awal dari serangan jantung.

“Jadi hati-hati kalau sakit mag, bila sudah minum obat, sudah segala macam. Buktikan bahwa itu dari asam lambung, bukan dari yang lain karena memang keluhannya begini. Diantaranya, dispepsia dan lelah. Ini yang kadang bikin kecolongan,” himbaunya.

 

2 dari 2 halaman

Saksikan juga video menarik berikut

  • Penyakit jantung merupakan istilah umum dari semua penyakit yang menyerang jantung. Jantung koroner, bawaan, aritmia, gagal, infeksi jantung
    Penyakit Jantung
  • Jantung
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Akibat Buruk Rutin Makan Gorengan, Penyakit Jantung Mengintai
Artikel Selanjutnya
Akibat Pop Corn Terselip di Gusi, Pria Ini Sampai Bedah Jantung