Sukses

4 Dukungan Suami yang Perkuat Mental Istri Saat Hamil

Liputan6.com, Jakarta Saat hamil terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan suami untuk memberikan dukungan pada sang istri. Dengan pendekatan yang tepat, istri jadi percaya diri dan bahagia menjalani kehamilan.

Berikut empat hal yang bisa dilakukan oleh seorang suami pada istri yang sedang hamil:

1. Menjadi pendengar yang baik

Seorang wanita tak hanya akan merasakan kesenangan karena sedang mengandung, tetapi juga mungkin merasa takut atau gugup. Maka menjadi suami yang bisa mendengarkan segala pemikiran dan perasaannya bisa menjadi sesuatu yang penting.

"Berkomitmen untuk tidak terfokus pada segala alat elektronik untuk benar-benar terhubung dan mendengarkan pasangan Anda sangat penting selama kehamilan," ucap seorang terapis seks dan hubungan asal New York, Megan Fleming seperti dikutip Our Everyday Life, Senin, (18/11/2019).

2. Saling belajar

"Pelajari cara mengganti popok, membenahi botol, atau memasang baby seat di mobil dengan benar. Istri mungkin akan merasa Anda menghargai perasaannya dan menganggapnya sebagai rekan dalam hal ini," ucap Fleming.

Penelitian yang diterbitkan dalam BMC Pregnancy and Chilbirth tahun 2017 mengungkapkan, dukungan selama kehamilan dapat meningkatkan kemampuan pasangan untuk berkomunikasi dan meningkatkan rasa kebersamaan.

 

2 dari 3 halaman

3. Beri Dukungan Saat Ia Tidak Percaya Diri

Mengingat adanya perubahan yang dialami oleh tubuh selama kehamilan, bukan hal baru bagi seorang wanita untuk merasa tidak menarik atau tidak diinginkan. Jika istri Anda menyatakan ketidaknyamanan atas tubuhnya, biarkan ia berbicara terbuka tentang hal itu.

"Anda memiliki kesempatan untuk membantunya mencari tahu mengapa ia merasa seperti itu dan apa yang bisa menjadi solusinya. Jika perubahan fisik membuat pasangan Anda merasa di luar kendali, ingatkan bahwa ia tidak akan selalu hamil," ucap Fleming.

4. Bekerja bersama sebagai tim

Kapan pun jika memungkinkan, temani istri Anda ketika harus memeriksakan kehamilannya ke dokter. Bersama-sama, Anda juga bisa mendiskusikan opsi persalinan.

"Bantulah pasangan Anda berbelanja pakaian bayi, pilih tempat tidur bayi, dan warna untuk kamar bayi. Mempersiapkan kelahiran seringkali menyenangkan bagi calon orangtua, berbagi pengalaman bisa mengurangi stres dan memperdalam keintiman," ucap Fleming.

Penulis: Diviya Agatha

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pola Pikir Seperti Ini Bantu Suami Lebih Perhatian pada Istri yang Hamil
Artikel Selanjutnya
Ashley Graham Rasakan Manfaat Akupunktur Saat Hamil