Sukses

Selvi Ananda Bakal Melahirkan, Ini Perbedaan Persalinan Pertama dan Kedua

Liputan6.com, Jakarta Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selvi Ananda, kini tengah menunggu persalinan anak kedua. Diperkirakan adik Jan Ethes Srinarendra bakal lahir di pertengahan November 2019.

"Kalau untuk HPL (hari prediksi lahir) bulan depan pertengahan-lah," kata Selvi saat ditemui di The Sunan Hotel Solo, Selasa malam, 29 Oktober 2019.

Jan Ethes lahir pada 09.28 dibantu dokter Soffin Arfian SpOG dan tim RS PKU Muhammadiyah Surakarta.

Lalu, apakah persalinan kedua bakal lebih cepat? Berikut tiga perbedaan persalinan pertama dan kedua:

- Biasanya proses melahirkan anak kedua lebih cepat

Setiap kehamilan dan persalinan memang berbeda-beda. Rata-rata pada persalinan kedua proses persalinan lebih cepat dibandingkan yang pertama.

Pada saat melahirkan anak pertama, waktu persalinan total sekitar 18 jam. Sementara pada anak kedua, biasanya proses dari kontraksi hingga sang bayi lahir sekitar 8 jam seperti melansir laman Moms, Senin (11/11/2019)

2 dari 3 halaman

- Usia Kehamilan Saat Melahirkan

Anak pertama biasanya lahir ketika usia kandungan sekitar 41 minggu. Sementara, pada anak kedua, melahirkan ketika sudah cukup bulan yakni sekitar 38 minggu.

Hal ini terjadi karena tubuh ibu merespons lebih cepat terhadap hormon-hormon memicu persalinan untuk kedua kalinya, sehingga membuat segalanya berjalan lebih cepat.

- Lama Mengejan

Pada ibu yang melahirkan secara normal, pada saat anak sudah siap dilahirkan ke dunia waktu mengejan lebih cepat dari anak pertama. Ligamen dan otot di panggul serta vagina sudah siap untuk melahirkan.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Gibran Rakabuming Raka Tak Didampingi Istri Daftar Pilwalkot Solo, Mengapa?
Artikel Selanjutnya
Maju Jadi Calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution Bantah Bentuk Politik Dinasti