Sukses

Usai Berolahraga, Berapa Gelas Air Putih yang Harus Diminum?

Liputan6.com, Jakarta Meminum air putih setelah berolahraga sangatlah penting untuk mengembalikan cairan di tubuh setelah melakukan latihan fisik. Kebutuhan setiap orang dalam hal ini pun berbeda-beda tergantung kegiatan yang mereka lakukan.

Diana Sunardi, dokter spesialis gizi klinik mengatakan bahwa masyarakat yang berolahraga pada umumnya cukup minum tiga gelas air putih untuk menggantikan keringat yang keluar.

"Kalau untuk olahragawan biasanya dia akan ditimbang berat badannya. Perbedaan berat badan dia sebelum dan sesudah berlatih nanti diperhitungkan untuk berapa cairan yang harus diganti," kata Diana di Jakarta beberapa waktu lalu, ditulis Rabu (6/11/2019).

Ditemui Health Liputan6.com usai kegiatan "Jelajah Kebaikan AQUA," Diana mengatakan bahwa apabila seseorang hanya melakukan olahraga yang bersifat rekreasi, cukup minum air sebanyak dua atau tiga gelas sudah cukup memenuhi kebutuhan tubuh. Ukuran itu setara dengan satu botol air minum dalam kemasan.

2 dari 3 halaman

Tidak Terlalu Panas Tapi Juga Tak Dingin

Sementara itu, untuk waktu yang tepat untuk mengonsumsi air setelah berolahraga, Diana mengatakan begitu selesai berkegiatan, seseorang disarankan untuk segera minum air.

Terkait suhu air minum, Diana mengatakan yang terbaik dikonsumsi setelah berolahraga adalah yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

"Kalau dari rekomendasi dokter spesialis olahraga atau fisiologi, airnya yang tidak panas juga tidak terlalu dingin," kata Diana yang juga merupakan ketua Indonesian Hydration Working Group tersebut.

3 dari 3 halaman

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Minum Air Putih Berlebihan Bisa Berakibat Fatal
Artikel Selanjutnya
Mampu Hilangkan Haus tapi Minum Sirop Tak Bisa Gantikan Manfaat Air Putih