Sukses

Puncak Musim Hujan Terjadi Januari sampai Februari 2020

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan terjadi pada Januari sampai Februari 2020. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin.

"Wilayah Indonesia yang akan memasuki awal musim hujan dimulai bagian utara seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat hingga Papua bagian utara. Sementara itu, puncak musim hujan diprediksi Januari-Februari 2020," ungkap Miming sebagaimana keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Sabtu (2/11/2019).

Potensi cuaca ekstrem selama masa peralihan musim (pancaroba)--dari musim kemarau ke musim hujan--saat ini ditandai angin kencang, puting beliung, perubahan suhu dan cuaca ekstrem, hujan es hingga gelombang tinggi di pesisir pantai.

Ancaman bencana hidrometeorologi, misal, banjir, tanah longsor dan tanah bergerak juga bisa terjadi, terlebih lagi bila musim hujan tiba.

"Aceh dan Sumatera Utara harus siaga banjir dan tanah longsor," lanjut Miming.

2 dari 3 halaman

Hujan dan Gelombang Tinggi

Dalam satu pekan kedepan, tambah Miming potensi hujan diprediksi akan terjadi di sejumlah wilayah, di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi Tengah, serta Papua.

Gelombang tinggi akan terjadi di wilayah selatan dan barat daya Sumatera Selatan hingga selatan Jawa, yang mana perkiraan tinggi gelombang mencapai 2,5 meter.

Meskipun begitu BMKG masih memprediksi bahwa kondisi tersebut masih aman untuk penyeberangan laut.

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini: