Sukses

10 Cara Ampuh Kurangi Makan Berlebihan (1)

Kembung dan aneka masalah pencernaan adalah efek langsung ketika makan berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta Kembung dan aneka masalah pencernaan adalah efek langsung ketika makan berlebihan. Hal itu nantinya akan berujung pada kenaikan berat badan.

Kerap terjadi munculnya keinginan makan berlebihan karena sejumlah alasan fisik dan emosional.Bisa jadi karena lelah, stres, kelaparan, kurang fokus dan makanan tertentu yang disuka membuat seseorang jadi makan berlebihan.

"Ketika sudah selesai makan, baru muncul rasa penyesalan," kata psikolog yang juga penulis buku Hanger Management, Susan Albers.Berikut saran dari pakar agar Anda tidak makan berlebihan seperti disampaikan pakar nutrisi dilansir Good Housekeeping, Rabu (30/10/2019).

1. Jangan simpan camilan terlalu banyak

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah 'membersihkan' makanan yang membuat Anda jadi makan berlebihan. Terutama makanan yang tinggi garam dan lemak seperti keripik, permen, es krim."Jangan menyimpan makanan di rumah maupun kantor yang membuat Anda jadi makan berlebihan," saran ahli nutrisi Ilana Muhlstein.

2. Cukup tidur

Terlepas dari makanan, aspek tidur juga punya pengaruh besar terhadap nafsu makan. Ketika kurang tidur maka membuat tubuh jadi kurang berfungsi sebagaimana biasanya.

"Studi menunjukkan orang yagn tidur kurang dari 7-8 jam setiap malam cendering mudah lapar dan mengidam banyak makan keesokan harinya," kata Mulstein.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Jangan sampai kelaparan

Bila Anda tidak ingin makan berlebihan, pastikan tidak merasa kelaparan. Ketika orang lapar dia cenderung makan apapun yang ada di sekitarnya. Jika memang lapar tapi belum jam makan pilih makanan yang tepat.

"Maka dari itu, siapkan camilan berprotein tinggi di dekat Anda," kata ahli nutrisi Albers. Bisa juga makan camilan seperti Greek yoghurt atau mentimun.

4. Pastikan level lapar

"Ketika mulai lapar, coba cek level lapar itu. Apakah hanya sedikit lapar, sedang atau sangat lapar," saran Albers.Saat sudah mengetahui level lapar, Anda tahu harus makan besar atau camilan saja.

5. Minum air

Saat haus, terkadang seseorang mengartikan dirinya sedang lapar. Maka dari itu, cobalah minum aiur putih terlebih dahulu sebelum mencomot makanan.Pastikan juga setiap hari minum air putih sekitar delapan gelas.

"Hal ini secara drastis bakal memangkas keinginan Anda untuk makan," kata Muhlstein.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.