Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Manfaat Hebat Diet Vegan, Cegah Gairah Seks Mengendur

Liputan6.com, Jakarta Pola makan memiliki pengaruh bagi kehidupan seks seseorang. Bahkan, menjalankan diet vegan ternyata juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan gairah seks seseorang.

"Respons seksual kita terkait dengan interaksi yang kompleks antara pikiran, emosi, sentuhan, aliran darah, dan fungsi saraf," kata Daniel Sher, psikolog klinis dan konsultan seks di Between Us Clinic seperti dilansir dari Bustle pada Senin (28/10/2019).

Sher mengatakan bahwa respons seks yang sehat tergantung pada sistem pembuluh darah serta koneksi otak dan tubuh yang sehat. Sehingga, apa yang Anda makan bisa mempengaruhi kehidupan seks.

Pakar seks lain yakni Kim Anami, mengatakan bahwa dengan menjadi vegan, berarti seseorang mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran. "Ini membuat aliran darah dan hormon bergerak dengan lancar," katanya.

Anami menambahkan, gairah seks dimulai di otak. Maka dari itu, memiliki sirkulasi tubuh yang sehat membuatnya tidak ada yang menghalangi keinginan bercinta. Kemudian, baru darah akan mengalir ke bagian tubuh lain, termasuk alat kelamin.

2 dari 4 halaman

Jadi Vegan Juga Bisa Berdampak Buruk

Namun, bukan berarti diet vegan menjamin seseorang untuk memiliki gairah seks yang terus membara. Di sisi lain, jika nutrisi tidak terpenuhi dengan baik, diet tersebut merusak kehidupan seks.

"Vegan bisa berpotensi mempengaruhi kehidupan seks orang-orang karena hormon seks dalam tubuh dihasilkan oleh kolesterol," kata pakar kebugaran dan kesehatan Paul Chek.

"Tantangannya adalah satu-satunya sumber makanan berkolesterol adalah produk hewani."

Chek menjelaskan, ketika seseorang hanya makan produk nabati, sistem tubuhnya bisa terganggu. Karena reproduksi bukan prioritas tinggi dalam sistem tubuh, hormon seks bisa 'dikorbankan' oleh tubuh demi mempertahankan fungsi sistem lain.

3 dari 4 halaman

Yang Penting Diet Seimbang

Walau begitu, apabila diet vegan bisa berjalan dengan baik, seimbang, serta memberikan tubuh zat vitamin dan mineral, kondisi itu bisa dicegah.

"Tubuh Anda hanya akan mati jika tidak menerima nutrisi yang tepat untuk jangka waktu yang lama," kata Lara Heimann, pelatih kesehatan holistik dan ahli terapi fisik.

"Semua diet yang tidak seimbang tidaklah optimal," jelasnya.

Selain fisik, psikologis juga berperan untuk memicu gairah seks seseorang. Sher mengatakan bahwa beberapa studi menunjukkan diet vegan juga berdampak positif pada kesehatan mental dan citra diri.

"Kesejahteraan psikologis adalah bagian penting dari kesehatan seksual. Jika Anda dapat mengonsumsi makanan yang membantu melindungi dari kondisi seperti depresi dan kecemasan, libido Anda secara keseluruhan, kemungkinan akan lebih baik," kata Sher.

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Gairah Seks Makin Menyala dengan Akupunktur
Artikel Selanjutnya
Percaya Bisa Tingkatkan Gairah Seks, Pemburu di India Konsumsi Kelamin Beruang