Sukses

Menkes Nila Terkenang Seorang Ibu di NTT yang Berjuang Cari Air Bersih

Liputan6.com, Jakarta Sebuah pengalaman sedih sempat disampaikan Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek saat berkunjung ke Sumba, Nusa Tenggara Timur beberapa tahun silam. Masyarakat di sana sulit mendapatkan air bersih.

"Saya pernah punya pengalaman miris ke Sumba, NTT. Pada waktu itu, ada seorang ibu yang mengais-ngais air di selokan (alih-alih bermaksud mendapatkan air bersih) sambil menggendong anak," cerita Nila Moeloek saat ditemui di Kantor Kementerian Kesehatan, Jumat (18/10/2019).

"Dapatlah satu ember. Satu ember air buat apa? Buat mandi tentu enggak cukup."

Kesulitan akses air bersih menjadi salah satu persoalan kesehatan, terutama di pelosok wilayah Indonesia. Ketika air bersih tidak diperoleh, berbagai penyakit, seperti diare dapat menyerang masyarakat.

2 dari 4 halaman

Cacingan dan Stunting

Nila melanjutkn, air yang terbilang kotor dibawa ibu tersebut mengakibatkan sang anak menderita cacingan. 

"Cacingan di daerah itu (NTT) tinggi. Ada juga bayi yang menderita cacingan. Ya, karena ibunya enggak pernah cuci tangan dengan air bersih. Enggak pernah ada air bersih juga. Maka, anaknya cacingan," lanjut Nila dengan ekspresi sedih.

Adanya permasalahan cacingan membuat anak mengalami gizi buruk, yang berujung stunting. NTT termasuk provinsi dengan prevalensi stunting tertinggi di Indonesia.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, angka stunting di NTT sebesar 42,6 persen. Walaupun begitu ada penurunan stunting dibandingkan data Riskesdas 2013, stunting di NTT sebesar 51,7 persen.

3 dari 4 halaman

Membangun Embung

Untuk menangani kejadian cacingan dan stunting, ada intervensi yang dilakukan pemerintah dalam beberapa tahun terakhir, yakni membangun embung.

"Banyak embung dibuat oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Jadi, embung itu bukan hanya sebagai pengairan sawah, melainkan penyediaan kebutuhan air bersih untuk masyarakat," Nila melanjutkan.

Embung adalah cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan. Air bersih dari embung juga dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga.

4 dari 4 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Lepas Jabatan Menkes, Nila Moeloek Kini Bisa Sarapan Bersama Suami
Artikel Selanjutnya
Doa Menkes Terawan untuk Nila Moeloek Saat Malam Pisah Sambut