Sukses

6 Tips Ampuh agar Anak Jarang Sakit

Liputan6.com, Jakarta Sakit flu, batuk, demam, diare kerap menimpa anak-anak. Kondisi itu membuat sebagian orangtua jadi cemas. 

Anak memang lebih rentan sakit karena sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna. Namun, anak juga bisa memiliki daya tahan tubuh yang prima sehingga jarang terserang sakit.

Lantas bagaimana agar Anak selalu dalam keadaan prima? Berikut ini beberapa tips yang dapat setiap orang tua terapkan kepada si Kecil, seperti yang telah dilansir dari laman Parents, Minggu (8/9/2019).

1. Biasakan mencuci tangan

Mengajari anak untukmencuci tangan secara benar dengan menggunakan sabun merupakan salah satu cara menjauhkan anak dari penyakit. Lakukan kebiasaan ini sebelum makan, usai buang air kecil dan besar, sehabis bermain atau setelah pergi dapat membantu proteksi tubuh anak sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Mencuci tangan secara teratur dapat mengurangi penyebaran penyakit pada saluran pernapasan dan pencernaan anak Anda. Tekankan kepada mereka untuk mencuci tangan dengan menggosok selama 15 sampai 20 detik sebelum dibilas dengan air mengalir.

2. Ajak anak untuk aktif olahraga

Sebuah penelitian menunjukkan dengan berolahraga secara teratur dapat mengurangi gejala flu selama satu tahun sebesar 25-50 persen. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi sel- sel yang dapat melawan infeksi. Menurut dokter yang juga penulis buku Harley A. Rotbart, M.D. lebih baik mengajarkan anak untuk rajin berolahraga daripada sering jatuh sakit. 

 

2 dari 3 halaman

3. Cukup Tidur

Cukup tidur sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh si Kecil. Menurut Rotbart, kurang tidur pada anak membuat dia rentan terkena flu dua kali lipat lebih besar dibanding dengan anak yang cukup tidur.

Dilansir dari laman Klikdokter disarankan anak berusia 1- 3 tahun tidur 12- 14 jam sehari, dengan pembagian waktu tidur siang selama 2- 3 jam dan tidur malam sebanyak 10-11 jam . Sedangkan anak berusia 4-6 tahun disarankan untuk tidur selama 11- 13 jam. Dengan pembagian waktu 2 jam tidur siang dan 10- 11 jam tidur malam.

4. Hindari anak menyentuh wajah

Ajari anak untuk tidak menyentuh wajah jika belum mencuci tangan sebab virus flu dapat masuk ke tubuh melalui hidung, mata, dan mulut. Jadi, bantulah anak Anda untuk menjauhkan tangannya dari menyentuh area wajah. Serta ajarkan anak Anda untuk tidak berbagi sedotan dan cangkir dengan temannya karena dapat menyebarkan virus sehingga anak rentan sakit.

5. Makan seimbang dan sehat

Berikan asupan makanan dengan gizi yang seimbang dan sehat kepada buah hati Anda guna membantunya tetap bugar. Pastikan anak mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C seperti brokoli, stroberi, dan jeruk serta makanan yang kaya vitamin D seperti tuna, susu, dan sereal.

Dengan menjalankan pola makan seperti itu akan membantu anak tumbuh dengan sehat.

6. Vaksinasi

Bila ingin menurunkan risiko anak sakit flu, lebih baik secara rutin ajak anak vaksinasi flu. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat mengatakan bahwa ini cara terbaik mengurangi risiko anak terkena flu.

Selain vaksin flu, pastikan anak mendapatkan vaksinasi lain seperti yang sudah dianjurkan pemerintah maupun ikatan dokter anak. 

 

 

Penulis : Eflien Anggelien

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

Loading