Sukses

Sering Sakit Punggung, Hindari 3 Bahan Makanan Ini

Cegah sakit punggung dengan tidak mengonsumsi makanan ini

Liputan6.com, Jakarta - Sakit punggung termasuk jenis nyeri kronis yang umum terjadi. Rasa sakit ini bisa hilang dengan memilih diet sehat dan bergizi.

Ini berarti makanan dan bahanan makanan yang memicu peradangan harus dibatasi dalam diet Anda.

Sistem pencernaan yang sehat dapat memastikan sistem otot yang baik, dan apa pun yang memengaruhi pencernaan Anda juga dapat memengaruhi otot Anda.

Banyak makanan telah terbukti mempengaruhi peradangan, penyebab umum sakit punggung. Berikut beberapa makanan yang perlu dibatasi seperti dilansir Health24 pada Minggu, 1 September 2019.

1. Pengawet

Pengawet bisa memicu respons kekebalan yang dapat mempengaruhi sendi di punggung Anda, yang mengarah ke sakit punggung.

Jauhi makanan yang mengandung karboksil, paraben, selulosa, asam benzoat dan kalium sorbat - semuanya memiliki efek inflamasi pada tubuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari Makanan ini untuk Cegah Sakit Punggung

2. Gula

Gula adalah salah satu penyebab peradangan terbesar, tetapi salah satu yang paling sulit untuk dikurangi. Ini tidak berlaku untuk gula alami yang terdapat dalam produk susu dan buah-buahan.

Gula dalam makanan Anda bisa membuat peradangan secara langsung maupun tidak langsung.

Jika Anda makan makanan gulanya tinggi setiap hari, Anda membuat insulin Anda tinggi secara kronis, sehingga sendi Anda mengalami peradangan yang konstan.

Mengurangi asupan gula pada awalnya mungkin sulit, tetapi akan sangat bermanfaat dalam jangka panjang.

3. Daging merah

Daging merah, burger, dan daging olahan populer seperti hot dog, sosis, dan daging diasosiasikan dengan peradangan dan harus dihindari apabila menderita sakit punggung.

Daging merah mengandung gula yang disebut Neu5GC, yang menyebabkan peradangan. Kurangi konsumsi produk-produk daging dan memilih makanan yang tinggi antioksidannya dan lemak sehat, seperti:

  1. Buah-buahan, terutama semua jenis beri
  2. Sayuran berdaun hijau tua
  3. Kacang-kacangan dan biji-bijian
  4. Makanan Omega-3

Apabila Anda sudah membiasakan makan sehat, Anda mulai merasakan perbedaan nyata pada tingkat nyeri punggung. Orang-orang dengan jarang sakit punggung yakni yang rajin, menjaga berat badan yang sehat, dan mengikuti diet yang tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini