Sukses

Jelang Astra Half Marathon 2019, dari Latihan Lari sampai Ketersediaan Air

Persiapan jelang Astra Half Marathon 2019, baik latihan lari sampai ketersedian air di lokasi.

Liputan6.com, Jakarta Jelang gelaran tahunan Astra Half Marathon 2019 pada November mendatang di Astra Biz Center, BSD, serangkaian persiapan khusus  dilakukan bagi calon peserta lari. Latihan lari adalah persiapan utama yang perlu dilakukan. Hal ini demi membuat tubuh siap saat menempuh lari Astra Half Marathon 2019, yang terbagi menjadi tiga kategori: 5K, 10K, dan 21K.

"Sebelum hari H, ada yang namanya Road to Astra Half Marathon 2019. Kami biasanya ada event lari bersama tiap bulan. Jadi, latihannya sebulan sekali dalam waktu enam bulan terakhir menjelang hari H," jelas Project Director Astra Half Marathon 2019 Muchammad Fahmi dalam konferensi pers di Menara Astra, Jakarta, ditulis Rabu (4/9/2019).

Ajang lari Astra Half Marathon sudah digelar sejak November 2013. Tahun ini, Astra Half Marathon memasuki tahun keenam sekaligus bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-6 Komunitas Astra Runners (komunitas lari Astra). Konsep lari maraton pada awalnya khusus menyasar karyawan dan keluarga besar Astra, lalu berkembang menjadi diikutsertakan untuk publik.

Ketika ditanya, apakah ada kemungkinan antisipasi terhadap calon peserta yang tidak latihan lari sebelum hari H, Fahmi menjawab, pengalaman dari tahun ke tahun calon peserta yang ikut lari maraton sudah tahu dan sadar akan kemampuan lari pribadi.

"Mereka sudah tahu kemampuan larinya seberapa jauh. Ini dilihat juga dari pilihan mereka, mau lari di berapa kilometer," jelas Fahmi. Rentang usia yang paling banyak diikuti ajang ini 20-an sampai 35 tahun.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ketersediaan Sumber Air

Panitia Astra Half Marathon 2019 juga mempersiapkan sejumlah sumber air atau yang dikenal sebagai water stations, dibangun di setiap rentang 1,5 km. Hingga jarak 21K pun peserta lari diharapkan tidak akan dehidrasi dan kekurangan air.

"Kami ada penambahan water stations lebih banyak lagi. Setiap 1,5 km ada water station, apalagi ada jarak lari 21K. Itu kan jarak yang panjang juga. Menjelang finish juga ada water stations," Fahmi melanjutkan.

"Semoga para peserta enggak takut buat join (ikut) karena ketercukupan air itu tetap ada."

Sebagai antisipasi, panitia menyediakan lebih dari tiga ambulans pada ajang tahun ini. Pada tahun-tahun sebelumnya, ambulans yang disediakan berjumlah tiga.

Terkait pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan Astra Half Marathon berjalan lancar dan tidak terjadi kasus seperti peserta cedera.

"Bersyukurnya, tahun-tahun sebelumnya tidak terjadi apa-apa. Setiap 250 meter ada penjaga yang bertugas menjaga peserta bila sakit dan kendala lainnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.