Sukses

Diet Sehat untuk Pasien TB Agar Cepat Sembuh

Untuk cepat pulih, beberapa tips diet ini bisa dicoba pada pasien TB.

Liputan6.com, Jakarta Penyakit Tuberkulosis (TB) bisa membuat seseorang merasa lemah. Seseorang yang menderita TB perlu beristirahat dengan baik dan harus menghabiskan obat sesuai resep sehingga tidak cepat kambuh. Namun, diet yang tepat dan makan sehat juga penting bagi pasien TB.

Spesialis penyakit dalam Lindsey Marcellin, MD, MPH mengatakan, pasien TB membutuhkan pengobatan antibiotik dalam jangka panjang. Untuk membantu pasien merasa lebih cepat sembuh dan membantu tubuh melawan penyakit yakni dengan memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang tepat.

"Tubuh Anda membutuhkan nutrisi sehat sekarang lebih dari sebelumnya," kata Marcellin seperti dilansir Everyday Health.

Makanan yang seharusnya dikonsumsi tidak mahal, bisa dibeli semua orang. Ketika seseorang menderita TB, biasanya nafsu makannya berkurang karena obat yang mereka minum. Untuk cepat pulih, beberapa tips diet ini bisa dicoba pada pasien TB:

1. Sayuran berdaun hijau gelap seperti kangkung dan bayam, karena kandungan zat besi dan vitamin B-nya yang tinggi

2. Banyak biji-bijian utuh, seperti pasta gandum, roti, dan sereal

3. Sayuran berwarna cerah yang kaya antioksidan, seperti wortel, paprika, dan labu, dan buah-buahan, seperti tomat, blueberry, dan ceri.

4. Lemak tak jenuh seperti minyak sayur dan zaitun, bukannya mentega

"Bicarakan dengan dokter Anda tentang apakah Anda kekurangan nutrisi dan jika minum multivitamin harian dengan mineral masuk akal nutrisi untuk Anda," kata Marcellin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pasien TB Perlu Energi untuk Pulih

Menurut Marcellin, sebuah penelitian tentang suplemen pada pasien dengan TB menunjukkan beberapa bukti kalau suplemen energi berkalori tinggi membantu pasien yang kekurangan berat badan untuk menambah berat badan, dan seng, yang dikombinasikan dengan mikronutrien lain atau dengan vitamin A, bisa menawarkan bantuan nutrisi.

Sementara Neelam Nath Bhatia, Dokter Umum, mengatakan dalam proses penyembuhan, banyak racun yang dihasilkan dan harus dikeluarkan oleh ginjal. Karena itu, pasien TB harus minum tidak kurang dari 6 liter air setiap hari. Itu tidak hanya akan membuang racun tetapi juga akan membuat mereka tetap terhidrasi.

Selain itu, kata Bhatia, pasien TB membutuhkan energi untuk pulih dan protein membantunya. Protein akan dicerna lebih baik jika dikombinasikan dalam jumlah yang sama dengan karbohidrat, biji-bijian, beras merah, atau kentang rebus.

3 dari 3 halaman

Apa yang Harus Dihindari?

Marcellin menjelaskan, ada makanan tertentu yang tidak boleh pasien TB makan dan zat yang tidak boleh digunakan.

1. Tembakau dalam segala bentuk.

2. Jangan minum alkohol, ini dapat menambah risiko kerusakan hati dari beberapa obat yang digunakan untuk mengobati TB.

3. Batasi kopi dan minuman berkafein lainnya.

4. Batasi produk olahan, seperti gula, roti putih, dan nasi putih.

5. Hindari daging merah berlemak tinggi dan tinggi kolesterol dan sebaliknya gunakan sumber protein yang lebih ramping seperti unggas, kacang-kacangan, tahu, dan ikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini