Sukses

Anak Pertama Autis, Ini Alasan Dian Sastro Terbuka ke Publik

Liputan6.com, Jakarta Aktris Dian Sastro membuka kepada publik perihal putranya, Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo, didiagnosis autis saat masih bayi. Wanita 37 tahun ini mengungkapkan alasannya mau berbagi cerita tentang putranya dalam Special Kids Expo (SPEKIX) 2019 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Sabtu (24/8/2019).

"Saya mau sharing kenapa? Saya mau kasih semangat buat ibu-ibu atau orangtua lain yang mengalami seperti apa yang saya alami bahwa sinar terang di ujung jalan itu ada," tutur Dian.

Ibu dua anak ini berharap keterbukaan mengenai kondisi anak pertamanya yang didiagnosis autis membuat orangtua lain dengan kondisi yang sama makin semangat melakukan yang terbaik agar anak bisa seperti anak-anak normal lainnya.

"Selama kita tekun, gigih, jangan patah semangat dan kita punya optimisme, insya Allah nanti jawabannya ada," kata Dian.

Dian kini sudah melihat sinar terang dari usahanya bersama keluarga dalam membesarkan Shailendra yang didiagnosis autisme sebelum satu tahun. Intervensi lewat pengobatan dan terapi sudah membuahkan hasil.

"Dia terapi dan juga banyak bantuan dari psikolog dan juga dokter anak. Saya memberikan terapi wicara, terapi okupasi, dan juga terapi perilaku buat anak saya," jelasnya.

"Alhamdulillah kabar baik, dengan intervensi lebih awal, di umur 6 tahun anak saya bisa dianggap seperti anak normal lainnya. Tidak perlu terapi lagi,” ungkapnya.

 

2 dari 3 halaman

Shailendra Senang Bermain Bersama Teman-Teman

Kini, Shailendra sudah duduk di kelas 3 SD sedang senang bermain bersama teman-temannya. Dia juga pintar dalam belajar di sekolah.

"Dia sekolah di (sekolah) normal bersama teman-temannya yang lain. Dia pintar, dia senang sekali bermain bersama teman-temannya yang lain," ungkap Dian bahagia menceritakan sang putra.

Di kesempatan talkshow siang tadi, Shailendra pun hadir. Dian mengajak putranya itu maju ke atas panggung.

Dian kemudian menanyakan berapa teman baik yang Shailendra miliki di sekolah, mainan kegemarannya, sedang suka mengobrol tentang apa. Semua dijawab dengan meyakinkan oleh Shailendra.

"Alhamdulliah, sekarang enggak keliatan 7 (ciri autisme) itu," tutur Dian.

 "Insya Allah, one day anak kita mandiri secara sekolah, karier, sosial. One day dia bisa seperti anak normal lainnya," tutup Dian. 

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Persiapan Dian Sastrowardoyo Ikut New York Marathon 2019
Artikel Selanjutnya
Pengakuan Mengejutkan Dian Sastrowardoyo Soal Anak, Apa Itu Autisme?