Sukses

Keju hingga Keripik, Ini Makanan yang Picu Mimpi Buruk

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka bahwa terdapat hal mengejutkan yang bisa membuat kamu mengalami mimpi buruk ini. Salah satu penyebab dari mimpi buruk yang kamu alami ini bisa jadi disebabkan oleh makanan yang kamu konsumsi.

Diketahui bahwa biang kerok dari mimpi buruk ini bisa disebabkan oleh makanan manis dan bertepung. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah makanan yang bisa jadi penyebab munculnya mimpi buruk.

Keju dan susu-susuan

Keju dan susu, mengandung kalori dan lemak yang sangat kaya. Mengonsumsi makanan ini sebelum tidur bisa memicu mimpi buruk karena tubuh tengah mencerna makanan tersebut. Hal ini membuat tidurmu terhalang dan muncul berbagai pikiran. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 mengungkap bahwa keju dapat memicu munculnya mimpi buruk.

Es Krim

Mengonsumsi es krim sebelum tidur bisa menyebabkan metabolisme tubuh bergeser dan meningkatkan aktivitas otak. Otak bakal masuk dalam kondisi tak tahu harus melakukan apapun dan membuang energi berlebihan sehingga memicu mimpi buruk.

2 dari 4 halaman

Makanan Pedas

Konsumsi makanan pedas diketahui bisa mengganggu tidur pasalnya membuat berat badan tubuhmu meningkat. Hal ini bisa mengganggu terbentuknya mimpimu selama siklus REM. Sebuah penelitian mengungkap bahwa makanan pedas bisa menyebabkan mimpi buruk karena upaya ekstra bagi tubuh untuk mencerna makanan ini.

Alkohol

Konsumsi minuman beralkohol secara berlebih sebelum tidur bisa membuatmu kesulitan untuk masuk dalam tidur dalam. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan untuk mempelajari dampak alkohol bagi tidur menyatakan bahwa walau alkohol bisa larut, namun efek yang muncul di malam hari bisa menimbulkan mimpi buruk yang intens dan nyata.

3 dari 4 halaman

Kafein

Mengonsumsi berbagai minuman yang mengandung kafein telah diketahui bisa menyebabkan kamu sulit tertidur. Kandungan ini menyebabkan metabolisme tubuh dan aktvitas otak meningkat sehingga kamu kesulitan tidur dan menimbulkan munculnya mimpi buruk.

 

Makanan Manis

Berdasar sebuah penelitian, makanan manis disebut bisa menyebabkan munculnya mimpi buruk usai mengonsumsinya. Psikolog juga mengungkap bahwa mengonsumsi makanan manis seperti cookies dan cake bisa menimbulkan mimpi buruk.

 

Cokelat

Cokelat merupakan salah satu makanan yang paling sering menimbulkan munculnya mimpi buruk. Tingginya kandungan kafein dan gula menyebabkan makanan ini membuat kamu kesulitan tidur nyenyak dan menyebabkan terjadinya mimpi buruk.

 

4 dari 4 halaman

Keripik

Mengonsumsi keripik atau kudapan berlemak lainnya bisa bisa menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan sehingga kamu kesulitan untuk tidur nyenyak. Sebuah penelitian mengungkap bahwa 12,5 persen mimpi buruk muncul karena konsumsi makanan seperti keripik.

 

Pasta

Kandungan gula dan karbohidrat dari pasta ini menyebabkan makanan ini bisa membuatmu kesulitan tidur dan mengalami mimpi buruk. Makanan berbahan tepung ini dikonsumsi oleh tubuh sehingga glukosa diolah tubuh dan bisa menyebabkan kamu kesulitan tidur dan memicu munculnya mimpi buruk.

 

Soda

Kandungan soda dan kafein yang tinggi dari minuman bersoda menyebabkan kamu kesulitan tidur. Masalah kesulitan tidur ini kemudian akan semakin menumpuk sehingga kamu mengalami mimpi buruk pada malam harinya.

 

 

Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati, 5 Makanan Ini Meningkatkan Potensi Mimpi Buruk Saat Tidur
Artikel Selanjutnya
Mutasi di Tubuh Polri, 11 Jenderal Naik Pangkat