Sukses

Lama Waktu Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

Menyimpan daging kurban di kulkas, ada jangka waktu yang harus diperhatikan.

Liputan6.com, Jakarta Demi menjaga kualitas daging kurban, Anda perlu memerhatikan lama waktu penyimpanan daging kurban di kulkas. Ada batas waktu penyimpanan daging kurban di bagian kulkas biasa dan freezer.

Ahli teknologi pangan Purwiyatno Hariyadi menyampaikan, jangka waktu menyimpan daging kurban di kulkas biasa selama 3-4 hari. Batas waktu tersebut masih cukup.

"Tapi selama (daging kurban) itu di-frozen atau istilahnya dibekukan bisa bertahan seminggu, tiga minggu, sebulan, tiga bulan bahkan kuat sampai empat bulan," ujar Purwiyatno saat ditemui di Jakarta, ditulis Senin (12/8/2019).

Berdasarkan Food Safety.gov, penyimpanan daging merah di freezer untuk steak dan daging panggang bisa bertahan 4-12 bulan. Untuk daging merah yang masih segar dan tidak diawetkan bisa bertahan 4-6 bulan.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertahankan Nilai Gizi

Daging kurban yang disimpan dengan dibekukan pada dasarnya upaya untuk mempertahankan kandungan gizi. Pertumbuhan bakteri pun lebih lambat dibanding daging disimpan di kulkas biasa.

"Daging yang dibekukan pun aman dikonsumsi meski mengalami perubahan tekstur," Purwiyatno menambahkan.

Kemungkinan ada rasa yang hilang pada daging beku dan membuat Anda tidak nyaman saat memakannya. Tapi daging beku tetap aman dikonsumsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.