Sukses

Tahun 2022, Seluruh Faskes di Indonesia Bisa Terhubung Internet

Liputan6.com, Jakarta Pada 2022, seluruh fasilitas kesehatan (faskes) di Indonesia dapat terhubung internet. Bahkan, faskes di daerah terpencil pun bisa terhubung ke internet.

Apa yang akan direncanakan di masa depan tersebut disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam acara 'Pertemuan Koordinasi Tim Nusantara Sehat Batch 9, 10, 11.'

"Kami saat ini bersiap dengan pembangunan satelit internet untuk mendukung akses internet, termasuk menyasar faskes-faskes di seluruh Indonesia. Nah, itu satelitnya baru akan tersedia tahun 2022," ungkap Rudiantara saat ditemui di Jakarta, ditulis Rabu (7/8/2019).

Pembangunan satelit internet seiring dengan upaya peningkatan infrastruktur Indonesia di antara negara-negara ASEAN. Satelit internet pun menggunakan sistem kecepatan tinggi.

2 dari 3 halaman

Bantu Sistem Pendataan Pasien

Kehadiran satelit internet pada 2022 akan membantu sistem pendataan dan laporan medis pasien. Penyimpanan dan backup data pasien akan lebih mudah dan cepat.

"Pasien kan biasanya kalau dirujuk ke rumah sakit tetap ditanya ngisi data. Nanti kalau semua sudah terhubung internet. Data pasien tinggal dikirim ke rumah sakit rujukan. Ketika pasien sampai di sana, ya langsung ditangani lebih lanjut. Dokter tinggal menyambut saja lalu langsung tindakan," Rudiantara menerangkan.

Tidak menutup kemungkinan, lanjut Rudiantara, faskes-faskes yang berada di daerah terpencil dan tertinggal juga akan terhubung internet. Selain faskes, seluruh sekolah, kantor desa, kantor polisi, dan infrastruktur lain akan langsung terkoneksi internet pada 2022.

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pembangunan Selesai, Palapa Ring Timur Jalani Pengujian Stabilitas
Artikel Selanjutnya
Internet di Papua Diblokir, Moeldoko: Dulu Enggak Ada tapi Bisa Hidup