Sukses

Awas, Stres Bisa Picu Masalah Asam Lambung

Liputan6.com, Jakarta Stres menjadi salah satu pemicu dari berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah naiknya asam lambung bagi mereka yang memiliki kondisi tertentu.

Dokter spesialis penyakit dalam Prof. Ari F. Syam mengatakan bahwa stres memang bisa memicu naiknya asam lambung seseorang. Salah satu masalah asam lambung yang cukup berbahaya sendiri adalah penyakit GERD.

Dalam tulisannya di blog dokterari.com, dikutip dengan seizinnya, Ari mengatakan bahwa ada dua gejala utama GERD yaitu nyeri dada dan perasaan panas di dada seperti terbakar.

Ari mengatakan, GERD bisa menyebabkan komplikasi apabila asam lambung atau isi lambung naik dan menyebabkan luka pada dinding dalam kerongkongan yang awalnya hanya luka.

"Luka yang terjadi bisa makin luas dan menyebabkan penyempitan dari kerongkongan bawah," tulis Ari dikutip Jumat (2/8/2019).

2 dari 3 halaman

Gaya Hidup dan Pengendalian Diri

Kepada Health Liputan6.com, Ari mengatakan bahwa untuk mencegah naiknya asam lambung dan menimbulkan penyakit yang lebih parah, dibutuhkan pengendalian diri. Khususnya bagi mereka yang memiliki kondisi tertentu seperti GERD.

"Jadi bagi mereka yang punya masalah maag atau GERD yang terpenting adalah gaya hidup dan pengendalian diri," kata Ari menambahkan.

Selain itu, dokter juga seringkali akan memberikan dua resep obat bagi mereka yang sudah didiagnosis dengan masalah asam lambung dan juga mudah stres.

"Bagi mereka yang mudah cemas atau marah, biasanya dokter akan memberikan dua obat. Yang satu untuk asam lambungnya, selain itu juga untuk menekan rasa cemas atau stresnya. Jadi dikombinasi," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Simak juga Video Menarik Berikut Ini