Sukses

Edukasi Seks Bukan Hanya Soal Hubungan Intim Saja

Mengajarkan edukasi seks pada anak bukan berarti mendorong mereka melakukan hubungan seks yang tidak bertanggung jawab

Liputan6.com, Jakarta - Edukasi seks tidak sebatas memahami tentang hubungan intim saja. Di luar itu, bagaimana kita mengenal citra tubuh, serta soal kesehatan organ-organ tubuh juga termasuk di dalamnya.

Paradigma semacam itu dirasa penting bagi orangtua ketika memberikan edukasi seks pada anak.

"Kebanyakan dari kita atau orangtua salah kaprah. (Dianggap) kalau membicarakan tentang seks, justru mendorong anak untuk melakukan hubungan seksual," kata psikolog klinis Inez Kristanti pada Health Liputan6.com di Jakarta, ditulis Senin (22/7/2019).

Padahal, edukasi seksual sebenarnya sangatlah luas dan tidak terbatas soal hubungan seks saja. Contohnya, di usia 1 hingga 2 tahun, anak sudah bisa diajarkan tentang organ-organ seksual dengan penyebutan sesungguhnya.

"Memberikan pendidikan seksual itu tidak sama dengan mengajarkan anak aktivitas seksual yang tidak bertanggung jawab,"

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Dikaitkan dengan Nilai-Nilai di Masyarakat

Inez mengatakan, sebagai masyarakat yang hidup di tengah nilai-nilai agama dan budaya, kedua hal tersebut juga bisa dikaitkan ketika orangtua mengajarkan pendidikan seks pada anak.

"Jadi bukan hanya soal seksnya saja, tapi juga terkait dengan nilai-nilai apa. Anak itu perlu jelas nilai yang dia anut tentang seksualitas," Inez menambahkan.

Yang terpenting adalah, ketika bicara soal seks bersama dengan anak, orangtua tidak boleh menghakimi mereka.

"Kita membicarakannya pada anak juga tidak satu arah. Buatlah itu sebagai diskusi. Tidak masalah punya pandangan apapun, agama apapun, budaya apapun, membicarakan seks juga bisa kok di dalam koridor-koridor tersebut," ujar psikolog yang berpraktik di klinik Angsa Merah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.