Sukses

Menkes Nila: Tolonglah Pak, Perempuan Jangan Dipoligami

 

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek sempat menyinggung wacana poligami di Aceh. Hal ini Nila singgung saat ia menjelaskan mengenai rata-rata harapan hidup perempuan Indonesia yang lebih panjang ketimbang laki-laki di Apresiasi Mitra Pencerah Nusantara di Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Sambil memperlihatkan data Kementerian Kesehatan, Nila menunjukkan bahwa usia perempuan Indonesia rata-rata bisa mencapai 73 tahun. Sedangkan, laki-laki 69 tahun.

"Jadi, perempuan bisa lebih banyak. Tapi, tolonglah Pak (sambil menyebut perwakilan dari Aceh yang hadir di acara ini). Satu saja enggak habis-habis masak mau empat," kata Nila disambut riuh peserta yang hadir dalam acara yang digelar di Gedung LIPI Jakarta. 

Sebelumnya, bergulir isu Aceh bakal melegalkan poligami. Pemprov dan DPR Aceh tengah membahas peraturan daerah atau Qanun tentang hukum keluarga yang salah satu isinya mengatur soal poligami. Draft Qanun tersebut sudah disusun Pemprov Aceh dan diterima pihak legislatif.

Draft Qanun merupakan usulan Dinas Syariat Islam Aceh. Dengan klaim alasan pembuatannya untuk menekan angka nikah siri di Aceh. Hingga saat ini, Qanun yang masih berbentuk rancangan ini sudah menuai pro kontra.

 

2 dari 2 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

Loading
Artikel Selanjutnya
Sering Dikaitkan dengan Poligami, Begini Reaksi Fedi Nuril
Artikel Selanjutnya
Cegah Kolesterol Naik Saat Iduladha, Menkes Nila: Makan Secukupnya