Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Jaga Keseimbangan pH Miss V dengan Kondom

Liputan6.com, Jakarta Seks rupanya dapat memengaruhi kadar keasaman (ph) pada miss V. pH ini akan membentuk ekosistem bakteri yang sehat.

Menurut konsultan medis Clare Morrison, ph vagina dapat terganggu saat pasangan tidak menggunakan kondom saat bercinta. Ini berkaitan dengan sifat air mani yang bersifat basa.

"Seks memengaruhi pH miss V, terutama jika tidak ada kondom yang digunakan. Ketika tidak menggunakan kondom, air mani sedikit basa dengan pH 7,2 hingga 8,0.

"Efeknya adalah membuat vagina menjadi kurang asam, yang pada gilirannya dapat meningkatkan jumlah bakteri tidak sehat. Jika Anda menggunakan kondom, efeknya akan berkurang,” kata Morrison, dikutip dari Glamour, Senin (15/7/2019).

Dalam hal ini, kondom menjaga keseimbangan ph vagina. Vagina memiliki kadar normal pH asam 3,8 hingga 4,5. Wanita juga bisa menjaga keseimbangan ph vagina melalui makanan.

“Misalnya, yogurt dan minuman yogurt bioaktif, yang mengandung bakteri yang disebut Lactobacillus. Mikroorganisme ini sangat penting untuk kesehatan miss V. Ketika kita konsumsi makanan yang mengandung Lactobacillus, mikroorganisme ini berhasil bertahan melewati sistem pencernaan, lalu masuk ke vagina," tambah Morrison.

2 dari 3 halaman

Mikroorganisme Tidak Seimbang

Morrison menambahkan, mikroorganisme vagina yang tidak seimbang berarti mikroorganismenya tidak sehat. Misal, ada bakteri vaginosis, Bacteroides, E coli, dan Staphylococcus berkembang biak di vagina.

"Mikroorganisme di atas dapat menyebabkan keputihan, iritasi, gatal, pegal, dan bau vagina. Beberapa mikroorganisme tidak sehat bahkan dapat menyebabkan terjadi persalinan prematur," tambahnya.

Selain makanan, cara membersihkan vagina juga berperan penting menjaga keseimbangan pH. Hindari produk-produk kebersihan vagina. Produk tersebut cenderung membuat lingkungan vagina lebih basa.

Membersihkan vagina secara berlebihan akan membasmi bakteri sehat seperti Lactobacillus, yang menjadikan mikroorganisme berbahaya akan mengambil alih,” ujar Morrison. "Cara terbaik untuk membersihkan vagina adalah menggunakan air hangat dan sabun lembut tanpa aroma."

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Gangguan Langka Ini Sebabkan Vulva Bengkak dan Melepuh
Artikel Selanjutnya
Coba Bercinta di Malam Pertama, Vagina Mary Mengencang Seperti Dinding Bata