Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Obati Infeksi Jamur di Miss V Pakai Bawang Putih, Berbahayakah?

Liputan6.com, Jakarta Salah satu sifat bawang putih adalah antijamur. Tapi, bagaimana kalau infeksi ragi di vagina (Miss V) diobati dengan memasukkan bawang putih ke vagina?

Mitos yang selama ini beredar menyebutkan memasukkan cengkeh dan bawang putih ke dalam Miss V akan membantu mengatasi infeksi ragi. Namun, sebenarnya itu bukan pengobatan yang efektif dan bisa berbahaya.

OBGYN, pakar seks, kolumnis kesehatan New York Times, dan penulis The Vagina Bible Dr. Jennifer Gunter berusaha meluruskannya agar Miss V tetap sehat.

Gunter bercerita setidaknya dua kali sebulan mendapat pasien yang memberitahu mencoba cara mengobati diri sendiri dengan bawang putih. Padahal menggunakan bawang putih dengan cara ini belum ada penelitiannya.

Dengan kata lain belum ada ilmu yang mendukung bahwa meletakkan sepotong bawang putih di vagina akan menyembuhkan infeksi jamur. Hanya ada sedikit ilmu yang mengatakan bawang putih memiliki sifat anti-ragi dalam cawan petri. Dan ini berbeda dengan yang terjadi di vagina.

"Dan bawang putih mungkin kotor. Mungkin karena itu adalah tanaman yang tumbuh di tanah? Jadi, Anda mungkin mulai dengan infeksi ragi dan berakhir dengan infeksi yang lebih buruk ketika Anda meletakkan benda asing yang tidak bersih di sana," tulis Gunter.

Gunter mengatakan apabila Anda berpikir menghancurkan bawang untuk melepaskan allicin (senyawa organosulfur yang diperoleh dari bawang putih), Anda harus tahu bahwa jus bawang putih bisa terasa panas, terutama pada area kulit sensitif (yang sudah pulih dari infeksi ragi) dan bawang putih yang dihancurkan sangat sulit untuk dikeluarkan dari bagian pribadi Anda.

"Dan bawang putih bisa menghilangkan keseimbangan lingkungan vagina Anda," tulisnya seperti dikutip Scarrymommy.

 

2 dari 2 halaman

Sebaiknya bawang putih dikonsumsi

Menurutnya, banyak wanita yang mendiagnosis dirinya terinfeksi ragi dan berpikir bawang putih bisa mengatasinya. Bisa saja ini karena ada beberapa bukti sifat bawang putih yang anti-ragi - dan karena banyak infeksi ragi didiagnosis sendiri atau hilang sendiri. Selain itu, mereka bisa saja merasakan nikmatnya efek plasebo, dan bukan kenikmatan obat rumahan.

"Juga karena krim topikal bawang putih kadang-kadang digunakan untuk mengobati infeksi jamur eksternal seperti kaki atlet. Tetapi harap diperhatikan, mereka diperbolehkan hanya untuk penggunaan eksternal."

Gunter mengatakan karena tidak terbukti mengobati, itu bisa menyakitkan, dan dapat menyebabkan komplikasi seperti infeksi, sebaiknya menghentikan praktik pengobatan infeksi ragi dengan bawang putih.

"Jika sains tidak mendukungnya, jangan. Vagina Anda adalah keseimbangan yang teratur dari ragi dan bakteri baik dan segala macam hal: hanya gunakan obat-obatan yang dianggap aman oleh dokter Anda. "

Apabila Anda harus memanfaatkan bawang putih dan allicin, cobalah dimakan saja. Ini tidak berbahaya ketimbang memasukkannya ke dalam vagina Anda. Jika itu tidak berhasil, bawang putih lezat, dan tidak ada efek samping kecuali Anda makan dalam jumlah berlebih.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ilmuwan Peringatkan Infeksi Jamur Kebal Obat Menyebar ke Seluruh Dunia
Artikel Selanjutnya
Ancaman Infeksi Jamur, Renggut Nyawa dalam 90 Hari