Sukses

Menkes Nilai Fasilitas Mudik Saat Ini Jauh Lebih Baik dari yang Dulu

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek memuji bahwa saat ini, transportasi mudik sudah jauh lebih baik dari dulu

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek memuji bahwa saat ini, transportasi mudik sudah jauh lebih baik dari dulu.

Dalam kegiatan "Ngabuburit Sehat Bersama Menkes dan Menhub", Nila menceritakan bahwa dulu, transportasi seperti kereta tidaklah senyaman saat ini.

"Dulu kalau pulang mudik, naik kereta api bisa lewat jendela, ya. Ada yang (duduk) di atas gerbong. Luar biasa. Tapi sekarang sudah bagus, beli karcis sudah bisa online, kursinya juga pas, AC sekarang. Kalau dulu banyak yang jualan telur," kata Nila di Stasiun Gambir pada Selasa (28/5/2019).

Tak ketinggalan dengan fasilitas jalur darat seperti kereta api, untuk fasilitas jalur udara pun Nila menilai kini kondisinya sudah jauh lebih baik. Nila memuji fasilitas di bandara yang sudah bagus.

"Kemarin kami ke Soekarno-Hatta, dilaporkan pesawat (penerbangan) meningkat sekitar dua persen, penumpangnya sekitar 3,4 persen. Jadi masih banyak penumpangnya," kata Nila menambahkan.

Namun, Nila menilai untuk fasilitas mudik jalur laut seperti pelabuhan masih perlu dibuat lebih baik lagi.

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemenkes sediakan 6047 fasilitas kesehatan di jalur mudik

Secara keseluruhan, Nila menilai bahwa transportasi mudik saat ini sudah lebih baik. Bahkan, Nila sempat berkelakar bahwa rugi jika tidak menikmati fasilitas mudik yang ada.

"Makanya cari mertua yang jauh, jadi kalau mudik jauh," seloroh Nila.

Untuk jalur darat, Kementerian Kesehatan sudah menyiapkan 6047 fasilitas kesehatan di 34 provinsi. Dari data yang diterima Health Liputan6.com, fasilitas kesehatan tersebut terdiri dari 4.210 puskesmas, 144 rumah sakit rujukan dan 375 rumah sakit di sekitar jalur Pantura, 188 public safety center, 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan 923 pos kesehatan.

"Makanya kalau misalnya ada pusing-pusing, berhenti di rest area. Cek tekanan darah, cek gula darah, bahkan periksa stres juga bisa, " kata Nila berpesan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.