Sukses

4 Langkah Menumbuhkan Empati pada Anak

Liputan6.com, Jakarta Rasa empati merupakan salah satu modal penting seseorang dalam menjalani kehidupan. Karenanya orangtua berperan penting melatih empati anak sejak dini. Berikut sharing Mommy Febby Fatimah dari Babyologist.

Zaman milenial kini tidak sedikit orang yang sudah hilang rasa empatinya untuk bersosialisasi dan saling menolong dengan sesama, tapi banyak juga orang-orang yang sadar akan rasa empati dan refleks untuk saling gotong royong membantu satu sama lain..

Nah, orangtua mempunyai peranan penting kepada anaknya agar sadar akan rasa empati sedari dini supaya kelak sang anak bisa peduli untuk membantu orang-orang di sekitarnya..

Caranya dengan :

• Mengajarkan Anak untuk selalu berbagi makanan yang ia punya kepada saudara dan teman-temannya juga Berbagi Mainan dan bermain bersama

• Mengajarkan Anak untuk selalu mengucapkan permisi ketika lewat dihadapan orang-orang terutama dihadapan orang tua sambil menjelaskan bahwa sebagai manusia kita harus menghargai orang yang lebih tua dari kita

• Mengajarkan rasa peduli dikesehariannya kepada orang tua dan juga saudaranya barulah dengan lambat anak pun akan peduli dengan lingkungan sekitar dan teman-temannya .

Salah satu contohnya saya selalu mengajak anak saya untuk menjenguk temannya yang sedang sakit sambil berdiskusi bagaimana bila seandainya kamu yang sakit dan tidak ada salah satu temanpun yang datang untuk menjenguk, di situlah poin penting kita sebagai orang tua yang bukan hanya mengajak anak untuk bersosialisasi tapi juga sambil mengajarkan rasa empati terhadap sesama

• Mengajarkan Anak untuk selalu berterima kasih dengan apapun yang telah ia dapatkan di dunia ini juga adalah salah satu cara yang sudah sering dan banyak orang tua ajarkan agar kita mempunyai rasa empati yang tinggi dan tidak ada rasa malu lagi untuk mengucapkan terima kasih terhadap hal apapun yang didapat sang anak kelak nanti.

Semoga bermanfaat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Takut Jalani Caesar, Ibu Ini Nyaris Kehilangan Anak Pertama
Artikel Selanjutnya
Pengalaman Ibu Kumpulkan ASI Selama 3 Bulan