Sukses

Rambut Rontok hingga Gampang Lelah, Ini 5 Tanda Kekurangan Vitamin D

Liputan6.com, Jakarta Kekurangan vitamin D  dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan seperti kanker payudara, bertambahnya berat badan, serta masalah kardiovaskular. Ketika tubuh kekurangan vitamin D ini, terdapat sejumlah sinyal yang muncul dan dikirimkan.

Seperti dilansir dari laman Health Site, berikut sejumlah tanda yang ditunjukkan tubuhmu kekurangan vitamin D.

1. Rambut Rontok

Stres merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kerontokan rambut. Namun berdasar sebuah penelitian, kerontokan rambut ini bisa terjadi karena kurangnya kandungan vitamin D pada tubuh.

2. Kelelahan

Ketika kamu sering merasa lelah terutama di siang hari, kamu harus memeriksa apakah tubuhmu kekurangan vitamin D. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengaku kelelahan dan pusing di siang hari memiliki tingkat vitamin D yang rendah.

 

2 dari 3 halaman

3. Nyeri Tulang dan Punggung

 

Kalsium memiliki fungsi yang sangat penting terhadap tulang. Vitamin D sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam penyerapan kalsium pada tubuhmu. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa kekurangan vitamin D bisa membuat seseorang lebih rentan mengalami nyeri punggung.

4. Nyeri Otot

Nyeri otot dapat muncul karena sejumlah faktor yang salah satunya adalah kekurang vitamin D. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D dalam jumlah besar dapat meredakan nyeri otot yang kamu alami secara signifikan.

5. Penyembuhan Luka yang Lambat

Keberadaan vitamin D ini juga memiliki peran yang sangat besar dalam menyembuhkan luka di tubuh. Tingkat vitamin D yang rendah pada seseorang dapat memperlambat penyembuhan luka bakar. Rendahnya tingkat vitamin D ini dapat berujung pada tingginya tingkat penanda inflamasi yang mempengaruhi penyembuhan.

 

Penulis: Rizky Wahyu/Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cuaca Hari Ini: Akhir Pekan, Jakarta Cerah Berawan, Bogor Hujan
Artikel Selanjutnya
Cuaca Hari Ini: Jakarta Cerah Berawan