Sukses

Bawang Putih Bikin Aroma Tubuh Pria Lebih Menarik

Studi menemukan bahwa bukan hanya penampilan dan sifat yang bisa membuat wanita tertarik pada pria, tapi aroma tubuh mereka yang makan bawang putih ternyata dianggap lebih menyenangkan

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda pikir mengonsumsi bawang putih hanya bikin mulut bau, pikir lagi. Sebuah studi menemukan bahwa makanan tersebut sesungguhnya bisa mebmuat lawan jenis lebih tertarik.

Penelitian yang dimuat di jurnal Appetite ini menemukan bahwa makan bawang putih membuat bau tubuh menjadi lebih menarik. Khususnya pada para pria.

Mengutip Forbes pada Selasa (14/5/2019), para peneliti memberikan bawang putih dari berbagai ukuran dan porsi kepada 42 peserta pria. Kemudian, mereka mengumpulkan bau tubuhnya yang diserap dengan pembalut 12 jam. Setelahnya, para wanita diminta untuk menilai daya tarik dan intensitasnya.

Ditemukan, para pria yang mengonsumsi lebih banyak bawang putih, memiliki bau tubuh yang dianggap lebih menarik daripada mereka yang makan lebih sedikit bersama roti dan keju, serta hanya lewat kapsul. Peserta yang makan hanya 6 gram dan 12 gram tapi lewat kapsul, diangga tidak terlalu menarik dan kurang intens aroma tubuhnya.

 

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Bawang Putih

Craig Roberts, rekan penulis studi dan profesor psikologi di University of Stirling, Inggris mengatakan bahwa dari sudut pandang evolusi, pembentukan preferensi bau tubuh terkait diet, kemungkinan juga dibentuk lewat seleksi seksual.

"Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa banyak spesies hewan menggunakan isyarat terkait diet untuk memiliki pasangan dalam kondisi fisik yang baik," kata Roberts.

Meski penelitian ini bersifat spekulatif, tetap ada bukti bahwa konsumsi bawang putih berguna untuk kesehatan. Salah satu penanda yang bisa dilihat adalah dari keringat manusia.

"Karena manfaat kesehatan dari konsumsi bawang putih termasuk antioksidan, imunostimulan, kardiovaskular, efek bakterisida, dan antikanker, masuk akal bahwa preferensi bau manusia telah dibentuk oleh seleksi seksual."

Selain itu, ada kemungkinan bahwa ketika dicerna, bawang putih menghasilkan reaksi kimia yang membuat keringat pria menarik bagi beberapa wanita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.