Sukses

Jangan Terlalu Cemas, Nanti Bisa Tekanan Darah Tinggi

Liputan6.com, Jakarta Kita hampir setiap saat didera rasa cemas. Apa pun yang sedang dikerjakan, rasa cemas selalu saja muncul.

Oleh sebab itu kita perlu hati-hati karena ternyata rasa cemas bisa menyebabkan tekanan darah jadi meningkat.

"Pikiran kita itu terhubung dengan jantung," kata dokter Christopher Celano dari Massachusetts General Hospital, seperti dikutip dari Time pada Senin, 29 April 2019.

Christoper menjelaskan saat suatu hal membuat Anda cemas, sympathetic nervous system (SNS) Anda berinisiatif untuk meresponsnya. Ini yang menyebabkan detak jantung serta tekanan darah jadi meningkat. 

 

 

 

 

2 dari 3 halaman

Cemas yang Berakibat Fatal

Hal ini bisa menjadi fatal apabila yang mengalaminya orang dengan rasa kronik yang tak daya untuk menyeimbangkannya. Alhasil, sistem imun menjadi terganggu, pun dengan pembuluh darah dan trombosit.

Sebuah penelitian pada 2015 menemukan bahwa orang dengan tingkat rasa cemas yang tinggi memiliki kemungkinan mengalami hipertensi lebih besar.

Saat seseorang mengalami rasa cemas dengan tingkat tinggi yang berkepanjangan, hal tersebut dapat meningkatkan tekanan darah dan penyakit arterial.

Ahli hipertensi, James Brian Byrd mengatakan bahwa argumen terhadap hal tersebut masih belum terselesaikan. Namun, kaitan antara rasa cemas yang kronik dengan hipertensi patut diperhatikan.

"Orang dengan rasa cemas yang konstan dan khawatir terhadap berbagai hal kemungkinan memiliki risiko penyakit jantung dan hipertensi lebih besar nantinya," kata James.

 

3 dari 3 halaman

Bicarakan dengan Terapis

Christopher pun menyarankan Anda untuk memisahkan rasa cemas yang baik bagi hidup dengan rasa cemas yang memberi pengaruh buruk dalam hidup Anda.

Jika Anda merasa bahwa Anda mengkhawatirkan terlalu banyak hal saat ini, dan itu memengaruhi tidur, mood, serta hubungan Anda, rasa cemas tersebut kemungkinan dapat menyebabkan hipertensi dan penyakit jantung.

Sebaiknya, bicarakan masalah ini pada terapis Anda. Ada berbagai cara untuk mengatasi rasa cemas. Mulai dari meditasi hingga pengobatan.

Meskipun rasa cemas yang Anda miliki tidak memiliki kemungkinan menyebabkan hipertensi, Anda harus tetap melakukan pemeriksaaan setiap saat. Menjaga rasa cemas dan stress adalah aspek penting dalam hidup.

Penulis: Khairuni Cesario