Sukses

Manfaat Jus Stroberi, Cegah Penuaan Dini hingga Kanker

Jus stroberi dianggap sebagai minuman penurun berat badan yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Stroberi bisa dikatakan termasuk dari beberapa buah paling populer di seluruh dunia. Stroberi dapat dikonsumsi secara langsung atau dijus.Jus stroberi dianggap sebagai minuman penurun berat badan yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan bagi tubuh. Hal ini dikarenakan jus stroberi kaya akan vitamin, kalsium, dan mempunyai gula alami yang dapat bermanfaat bagi sistem tubuh.

Seperti dikutip dari Organic Facts, manfaat kesehatan dari jus stroberi, lima diantaranya:

1. Perawatan kulit

Riset penelitian dari Journal of Agricultural and Food Chemistry, berjudul "Strawberry and Human Health: Effects beyond Antioxidant Activity", menemukan bahwa kandungan antioksidan, vitamin E, dan vitamin C dalamm stroberi dapat mengobati iritasi kulit sekaligus mengurangi garis-garis kerutan dan penuaan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menurunkan tekanan darah

2. Meningkatkan kekuatan tulang

Penelitian berjudul Effects of nitrogen, phosphorus, potassium and calcium nutrition on strawberry anthracnose, membuktikan bahwa kandungan tembaga, zat besi, fosfor, kalium, dan seng pada jus stroberi dapat menambah asupan mineral dan meningkatkan kepadatan mineral tulang. Hal ini dapat menurunkan risiko penyakit osteoporosis seiring bertambahnya usia.

3. Menurunkan tekanan darah

Sebuah jurnal kesehatan dari The New England Journal of Medicine menemukan bahwa tingkat potassium dalam jus stroberi baik untuk mengurangi ketegangan pada jantung.

Kalium pada jus stroberi juga dapat menurunkan tekanan pada pembuluh darah arteri, melindungi terhadap serangan jantung dan stroke.

3 dari 3 halaman

Mencegah kanker

4. Meningkatkan peredaran darah

Penelitian dari Journal of Modern Pharmacy pada tahun 2002, menemukan bahwa jus stroberi memiliki tingkat zat besi dan mineral yang penting untuk sistem peredaran darah. Hal ini memberikan oksigen dalam tubuh untuk berfungsi dengan baik.

5. Membantu mencegah kanker

Kandungan sehat dari jus stroberi merupakan kunci melawan kanker, seperti kanker payudara dan leher rahim. Sebuah studi tahun 2012 dari PLOS, menemukan bahwa ekstrak metanol dalam jus stroberi mampu mengaktifkan sifat antikanker dan membantu mencegah kanker payudara.

 

Penulis: Dara Elisabeth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.