Sukses

4 Langkah agar Anak Gemar Baca Buku

Liputan6.com, Jakarta Buku adalah jendela dunia dan pintu pengetahuan. Itu sebabnya banyak orangtua yang senang bila anaknya senang membaca buku. Kebiasaan membaca buku bisa ditumbuhkan sejak usia dini. Mommy Gavrila Joanita dari Babyologist membagikan tipsnya berikut ini.

Setiap orang tua tentu merasa sangat senang jika mengetahui anak-anak mereka mempunyai minat atau kesukaan terhadap buku. Begitu pun dengan saya yang sangat menginginkan anak-anak saya bisa menyukai buku. Karena saya percaya dengan menyukai buku, maka otak manusia akan berkembang dengan baik dan memori otak bekerja dengan baik pula. Sejak anak-anak saya berusia 1 bulan, saya mencoba untuk konsisten membacakan buku cerita kepada mereka. 

Berikut ini saya bagikan tips untuk Moms dan mudah-mudahan bisa membantu anak-anak agar mau berkenalan dengan buku:

1. Sering bawa anak ke toko buku dan ke bagian buku anak

Saya biarkan mereka untuk eksplorasi sendiri buku-buku yang menarik perhatian mereka. Kalau mereka berhenti di satu buku, baru saya akan ceritakan isi bukunya dimulai dari buku sampulnya terlebih dahulu.

2. Harus proaktif dalam menceritakan isi tiap buku

Orang tua perlu berimajinasi cukup tinggi dalam menceritakan isi buku. Saya juga selalu biasakan setiap hari membaca buku bersama anak-anak saya. 

 

2 dari 3 halaman

Karakter kesukaan

3. Memberikan buku yang ada tokoh karakter kesukaan mereka

Contoh: Charlotte Charlene sangat menyukai tokoh kartun Mickey Mouse, jadi saya berikan buku-buku yang ada tokoh kartun tersebut tapi materi isi buku disesuaikan dengan usia anak.

4. Memberikan buku cerita yang mempunyai gambar dengan warna ceria serta tokoh ceritanya jelas.

Kebiasaan-kebiasaan di atas sangat membantu untuk membuat anak-anak saya suka membaca buku. Saat ini mereka sudah bisa memilih buku kesukaan masing-masing dan mengajak membaca bersama, serta sudah bisa menerangkan arti dari gambar yang ada di buku meskipun baru 2 sampai 3 kata yang bisa mereka jelaskan.

Ayo dukung gerakan 1000 hari 1000 buku!

 

Semoga bermanfaat.

3 dari 3 halaman

Simak video balita yang hobi baca buku