Sukses

Ibu, Ini Biasanya Penyebab Puting Susu Terasa Gatal

Puting susu terasa gatal adalah hal yang lumrah terjadi

Liputan6.com, Jakarta Terganggu karena puting terasa gatal? Biasanya puting yang gatal tidak menunjukkan masalah kesehatan yang serius.

Angela Jones MD, seorang dokter obgin di balik situs AskDrAngela, menjelaskan, kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis bisa memengaruhi kulit sensitif pada puting susu serta bagian tubuh lainnya sehingga terasa gatal.

"Ini jauh lebih umum daripada yang dipikirkan orang, dan tidak terkecuali puting," kata Jones mengutip Refinery29 pada Jumat, 5 April 2019.

Menurut Jones, ketika mengalami puting gatal, dokter kulit Anda bisa juga mengatakan penyebabnya kulit kering, terutama di musim dingin. Untuk meringankan ini, pastikan Anda tetap terhidrasi, dan coba gunakan pelembab pada puting Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Puting gatal saat menyusui

Selain itu, lanjut Jones, puting bisa terganggu sabun dan deterjen cucian yang menggunakan parfum. Demikian pula dengan jenis bahan tertentu, seperti wol. Kata Jones bahan tersebut dapat menyebabkan puting gatal.

Tak ketinggalan dengan bra yang Anda kenakan. Contohnya, sport bra yang Anda kenakan saat berolahraga. Gesekan, kelembapan, keringat bisa mengiritasi puting dan karenanya menyebabkan gatal.

"Bagaimana dengan bra biasa, bra biasa pada umumnya? Pernah memakai bra terlalu lama? Seperti tidak mencucinya? Jika puting Anda gatal, mungkin sudah waktunya untuk mencuci bra Anda," Jones menambahkan.

 

3 dari 4 halaman

Ibu menyusui rentan gatal-gatal

Jones, mengatakan, ibu menyusui juga bisa mengalami gatal-gatal pada puting atau iritasi karena susu kering. Beberapa orang juga mengalami puting gatal selama kehamilan atau sebagai akibat dari perubahan hormonal lainnya. Meskipun tidak nyaman, rasa gatal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Terkadang, puting yang gatal merupakan gejala dari masalah kesehatan yang lebih serius, seperti kanker payudara. Namun, Jones bilang kalau Anda hanya merasakan gatal, ini tidak mungkin gejala kanker.

"Jika ini penyebabnya, biasanya akan ada gejala lain yang terkait dengan gatal pada puting susu Anda, seperti perubahan dalam arsitektur kulit di sekitarnya, rasa sakit atau kelembutan, atau inversi puting," jelasnya.

 

4 dari 4 halaman

Puting tak berhenti gatal

Bagaimana kalau puting tak berhenti gatal? Jones mengimbau untuk menghindari bahan-bahan yang menyebabkan gatal, cuci bra, gunakan sabun dan pewangi yang tak berparfum, cuci dan lembabkan puting, serta banyak minum air.

"Jika ini tidak yang membantu, atau jika Anda hanya khawatir, temui dokter umum atau dokter kulit Anda," kata Jones.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini