Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Mengapa Puting Wanita Lebih Bervariasi Ketimbang Pria?

Sadarkah Anda bahwa pria dan wanita memiliki puting yang berbeda? Wanita lebih beragam, sementara pria tampak sama.

Liputan6.com, Jakarta Kenapa ya puting pria dan wanita berbeda? Kita tentu melihat, puting pria seperti seragam. Berbeda dengan puting wanita yang lebih bervariasi. Untuk mengetahui perbedaannya, lpara ahli menelitinya.

Beberapa ahli biologi evolusi berpendapat, bagian-bagian tubuh yang sedikit berbeda dari orang ke orang bisa menjadi lebih penting dan merupakan hasil seleksi evolusi yang kuat, sedangkan fitur yang sangat bervariasi berasal dari proses seleksi yang lemah, dan memiliki sedikit fungsi. Para peneliti di University of Queensland di Australia mempertanyakan teori ini.

Para penulis merujuk sebuah penelitian tahun 2008 yang menunjukkan variasi yang lebih besar dalam ukuran dan panjang klitoris ketika dibandingkan dengan penis yang sebagian besar mirip. Ini menunjukkan lebih bervariasinya klitoris berarti orgasme perempuan merupakan produk sampingan non-fungsional dari orgasme laki-laki.

Tim menggunakan puting untuk menguji hipotesis mereka, karena puting pria umumnya seragam dibandingkan dengan puting perempuan. Puting pria dianggap sebagai versi non-fungsional dari puting perempuan, yang digunakan untuk menyusui.

Peneliti meminta bantuan 63 mahasiswa sarjana sebagai peserta, kemudian tim mengamati dan mengukur puting mereka. Peneliti juga mencatat variabel termasuk BMI, tinggi badan dan lingkar dada peserta. Suhu ruangan juga didokumentasikan, karena ini dapat mempengaruhi ukuran jaringan yang menonjol.

Setelah diteliti, ukuran puting pria rata-rata sebesar 36 persen dari ukuran puting perempuan. Wanita juga memiliki variasi yang lebih besar di area dan ukuran puting mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Penelitian Terkait Puting

Hasil penelitian ini mendiskreditkan penelitian sebelumnya yang menunjukkan variabilitas dalam ukuran berarti fitur tidak memiliki fungsi, para penulis menyimpulkan dalam penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Adaptive Human Behavior and Physiology.

"Penelitian ini menambahkan data penting ke perdebatan [tentang variabilitas dan fungsionalitas] dan menunjukkan hubungan sederhana antara fungsionalitas dan peningkatan variasi itu tidak mungkin," kata Dr. Kim Wallen, penulis studi tahun 2008 dan profesor psikologi dan neuroendokrinologi perilaku di Emory University, kepada Newsweek.

Dr Wallen menegaskan, penelitian ini tentunya mengabaikan studi 2008 karena puting pria dan wanita muncul untuk menunjukkan efek berlawanan dengan penis dan ukuran klitoris.

"Kita tidak dapat menyimpulkan sesuatu yang konkret tentang hubungan antara variabilitas dan fungsionalitas. Data baru ini menambahkan informasi penting untuk diskusi dan mendukung gagasan variabilitas tidak mencerminkan fungsionalitas secara konsisten," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Puting Wanita Lebih Bervariasi

Sementara itu, Ashleigh Kelly, dari sekolah psikologi Universitas Queensland, mengatakan puting perempuan secara signifikan lebih bervariasi daripada puting jantan.

"Puting perempuan berfungsi karena mereka digunakan dalam menyusui. Oleh karena itu, temuan bahwa puting perempuan sangat bervariasi mendiskreditkan studi sebelumnya yang menunjukkan variasi dalam fitur tertentu menunjukkan kurangnya fungsionalitas."

Mark Pagel, Profesor di sekolah University of Reading ilmu biologi, mengatakan kepada Newsweek, studi tersebut menambah karya yang menyangkal gagasan bahwa sifat-sifat yang berada di bawah seleksi yang kuat akan cenderung sedikit variabelnya ketimbang ciri-ciri yang tidak di bawah seleksi yang kuat.

"Minat utamanya di luar pertanyaan teoritis ini adalah untuk meningkatkan pertanyaan mengapa puting perempuan lebih bervariasi daripada laki-laki. Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa sifat-sifat yang dipilih secara seksual (sifat-sifat yang digunakan untuk menarik pasangan) sering bervariasi melebihi ciri-ciri yang tidak dipilih secara seksual," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.