Sukses

5 Hal Positif yang Didapat dari Bangun Pagi

Liputan6.com, Jakarta Banyak manfaat kesehatan yang didapat seseorang dari bangun pagi, mulai dari fisik hingga mental.

Bahkan, sebuah studi yang dilakukan oleh Northwestern University menunjukkan, individu yang rutin bangun pagi memiliki indeks massa tubuh lebih ringan. Dengan kata lain, tubuh orang yang bangun pagi cenderung lebih langsing karena bergerak lebih banyak, mengutip laman Boldsky.

Lantas apa manfaat lain yang bisa didapat dari bangun pagi? Melansir Times of India, berikut manfaat yang bisa didapatkan dari bangun pada pukul 06.00 pagi:

1. Lebih produktif

Ketika seseorang bangun pagi, ia lebih energik untuk melakukan aktivitas. Ia juga lebih mahir dalam merancang perencanaan dan pengambilan keputusan.

2. Mental lebih bugar

Salah satu manfaat yang dapat didapatkan karena bangun pagi adalah mengurangi tingkat stres. Bangun pagi akan membantu seseorang untuk tidak terburu-buru.

Selain mengurangi tingkat stres, bangun pagi juga membantu membangun kepribadian yang lebih optimis dan positif dalam beraktivitas. 

 

Saksikan juga video berikut ini?

 

2 dari 2 halaman

Tidur lebih teratur

3. Waktu tidur menjadi teratur

Orang yang bangun pagi cenderung tidur lebih awal. Oleh karena itu, bangun pagi patut dijadikan rutinitas dalam hidup sehari-hari. Hal ini dapat menghasilkan waktu tidur yang lebih baik, mengetahui bahwa tubuh juga membutuhkan istirahat.

4. Prestasi atau kinerja lebih memuaskan

Sebuah penelitian dari Texas University menemukan bahwa siswa yang bangun pagi meraih nilai yang lebih baik dibanding mereka yang bangun terlambat.

5. Bersemangat

Bangun lebih awal membuat seseorang bersemangat untuk melakukan aktivitas sepanjang hari.

 

Ditulis oleh: Dara Elisabeth

Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Genetik Kenapa Kamu Tidak Bisa Bangun Pagi