Sukses

Mengenal Fungsi Otak dan Bagiannya yang Jarang Diketahui

Ada beberapa fungsi otak pada manusia.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi otak saat ini seringkali dikatakan hanya untuk berpikir saja. Padahal otak merupakan bagian terpenting dalam tubuh manusia. Otak memiliki fungsi-fungsi atau peranan yang sangat penting dalam aktivitas manusia.

Otak merupakan pusat dari sistem saraf yang bertugas mengontrol semua pergerakan manusia. Volume otak manusia berkisar antara 1.350 cc dan mempunyai 100 juta sel saraf atau neuron di dalamnya untuk menunjang fungsi-fungsinya.

Selain merupakan organ yang paling penting, otak juga merupakan organ paling rumit dalam tubuh. Jika otak mati dan tidak bekerja, maka semua saraf di tubuh manusia juga tidak bekerja, akibatnya adalah manusia akan mati. Hal itu dikarenakan semua saraf di tubuh manusia juga akan mati.

Berikut fungsi otak yang wajib diketahui seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri

Sebelum membahas tentang bagian-bagian dan fungsi otak, sebaiknya harus tahu dulu tentang dua belahan otak. Belahan otak ini dibagi berdasarkan posisinya yaitu otak kanan dan otak kiri. Fungsi otak kanan dan otak kiri pun berbeda pula. Masing-masing belahan otak memiliki peran dan fungsi yang berbeda pula.

Otak kanan

Otak kanan memiliki hubungan dengan kreativitas dan kemampuan seni seseorang. Seorang seniman dan pelaku kreativitas akan banyak menggunakan kemampuan belahan otak kanannya dibandingkan dengan otak kiri. Serta belahan otak kanan ini berfungsi untuk mengontrol sisi bagian kiri tubuh.

Otak kiri

Berbeda dengan belahan otak kanan, fungsi belahan otak kiri berkaitan dengan hal-hal yang menggunakan logika dan pemikiran yang pasti. Seperti misalnya seorang ahli fisika, seorang ahli kimia, seorang ahli matematika akan banyak menggunakan otak sebelah kirinya untuk membantu mereka berfikir. Sedangkan belahan otak kiri ini berfungsi untuk mengontrol sisi bagian kanan tubuh.

3 dari 4 halaman

Fungsi Otak dan Bagiannya

Secara keseluruhan, otak manusia dibagi menjadi empat bagian yang memilki fungsi otak masing-masing. Yaitu Otak besar (Cerebrum), Otak kecil (Cerebellum), Batang otak, dan sistem limbik.

· Otak Besar (Cerebrum)

Cerebrum memiliki fungsi untuk membuat manusia melakukan logika, memiliki kemampuan berpikir, memiliki bahasa, memiliki kesadaran, dapat merencanakan sesuatu, dapat mengingat sesuatu dan juga bisa melengkapi kemampuan visual pada tubuh manusia. Hal inilah yang menjadi pembeda antara manusia dengan binatang.

Di dalam otak besar juga terdapat bagian-bagian penyusunnya. Bagian penyusun otak besar disebut dengan Lobus. Setiap bagian lobus itu memiliki tugas dan fungsinya masing-masing.

- Lobus Frontal

Lobus ini memiliki fungsi untuk membuat manusia mampu membuat alasan, mampu untuk melakukan aktivitas atau bergerak, kognisi, mampu membuat perencanaan, mampu menyelesaikan masalah, memberikan penilaian, merangsang kreativitas pada manusia, mengontrol perasaan, mengontrol perilaku yang berhubungan dengan seksual dan juga mampu berbahasa secara umum.

- Lobus Parietal

Lobus ini berada di tengah, berhubungan dengan proses sensor perasaan seperti tekanan, sentuhan dan rasa sakit.

- Lobus Temporal

Lobus ini berada di bagian bawah berhubungan dengan kemampuan pendengaran, pemaknaan informasi dan bahasa dalam bentuk suara.

- Lobus Occipital

Lobus ada di bagian paling belakang, berhubungan dengan rangsangan visual yang memungkinkan manusia mampu melakukan interpretasi terhadap objek yang ditangkap oleh retina mata.

· Otak Kecil (Cerebellum)

Otak Kecil atau Cerebellum terletak di bagian belakang kepala, dekat dengan ujung leher bagian atas. Cerebellum mengontrol banyak fungsi otomatis otak, diantaranya: mengatur sikap atau posisi tubuh, mengkontrol keseimbangan, koordinasi otot dan gerakan tubuh. Otak Kecil juga menyimpan dan melaksanakan serangkaian gerakan otomatis yang dipelajari seperti gerakan mengendarai mobil, gerakan tangan saat menulis, gerakan mengunci pintu dan sebagainya.

4 dari 4 halaman

Batang Otak dan Sistem Limbik

· Batang Otak

Batang otak (brainstem) berada di dalam tulang tengkorak atau rongga kepala bagian dasar dan memanjang sampai ke tulang punggung atau sumsum tulang belakang. Bagian otak ini mengatur fungsi dasar manusia termasuk pernapasan, denyut jantung, mengatur suhu tubuh, mengatur proses pencernaan, dan merupakan sumber insting dasar manusia yaitu fight or flight (lawan atau lari) saat datangnya bahaya.

· Sistem Limbik

Bagian terpenting dari sistem limbik adalah Hipotalamus yang mana salah satu fungsinya adalah memutuskan apa yang perlu mendapat perhatian dan apa yang tidak perlu. Hal ini dapat terlihat ketika mencintai atau membenci seseorang.

Sistem limbik menyimpan banyak informasi yang tak tersentuh oleh indera. Sistem limbik inilah yang lazim disebut sebagai otak emosi atau tempat bersemayamnya rasa cinta dan kejujuran.

Sistem limbik terletak di bagian tengah otak, dan membungkus batang otak. Bagian otak ini dimiliki juga oleh hewan mamalia sehingga sering disebut dengan otak mamalia. Sistem limbik berfungsi menghasilkan perasaan, mengatur produksi hormon, rasa haus, rasa lapar, pusat rasa senang, metabolisme, juga memori jangka panjang dan dorongan seks.

Jadi itulah beberapa bagian dan fungsi otak yang harus diketahui. Sekarang sudah tahu bahwa otak tidak hanya berfungsi untuk berpikir saja. Tapi fungsi otak juga meliputi hal-hal yang dilakukan dalam beraktivitas sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini