Sukses

11 Manfaat Olahraga Lari Bagi Tubuh, Baik Kesehatan Fisik Maupun Mental

Liputan6.com, Jakarta Jenis olahraga paling sederhana dengan segudang manfaat bagi tubuh adalah lari. Aktivitas fisik ini bermacam-macam jenisnya. Bisa lari jarak jauh, lari jarak dekat, maupun jogging alias lari kecil. Banyak orang memilih alternatif olahraga ini karena sangat mudah dan tidak perlu merogoh kocek.

Kamu juga tidak perlu repot-repot menyiapkan berbagai macam perlengkapan olahraga lari. Setidaknya, kenakan sepatu olahraga yang sesuai dengan ukuran kaki untuk menghindari cedera. Selain itu, berlari bisa dilakukan di manapun asal lintasan dalam keadaan aman.

Perlu diperhatikan agar menghindari jalanan yang ramai kendaraan. Pasalnya, banyak terjadi kasus kecelakaan yang melibatkan kendaraan bermotor maupun mobil dan mereka yang sedang melakukan olahraga lari. Entah itu karena kecerobohan pengendara maupun pelari itu sendiri.

Lari atau jogging secara rutin bisa memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Mulai dari kesehatan jantung hingga membuat suasana hati jadi lebih bahagia, dan banyak hal berkaitan dengan kesehatan fisik dan mental.

Memilih jenis olahraga selain lari memang dianjurkan. Tapi memperbaiki kebiasaan buruk khususnya malas berolahraga bisa dilakukan dengan cara berlari yang bisa jadi alternatif untuk mulai menjalani hidup sehat.

Selengkapnya, simak 11 manfaat olahraga lari bagi tubuh yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (13/3/2019).

2 dari 3 halaman

Manfaat Olahraga Lari Bagi Kesehatan Fisik

1. Mengecilkan Betis dengan Lari Jarak Jauh

Jika diperhatikan, para pelari jarak jauh atau marathon biasanya memiliki kaki yang langsing dan kencang. Berbeda dengan kaki pelari sprinter yang cenderung besar, pelari marathon memiliki kaki yang terbentuk dengan baik. Melihat fenomena tersebut, berlari jarak jauh dengan santai akan lebih efektif untuk mengecilkan betis daripada berlari dengan cepat dalam waktu singkat.

2. Menurunkan Berat Badan

Olahraga lari dapat membantu menurunkan berat badan. Manfaat olahraga lari berperan dalam mengurangi kalori dalam tubuh. Lari juga akan menurunkan kolesterol darah, mengurangi rasa lapar dan memperbaiki metabolisme tubuh. Hal ini akan berpengaruh pada berat badan yang tentu saja akan berkurang.

3. Meningkatkan Kualitas Otak

Saat kamu sedang berlari, otak akan menghasilkan solusi kreatif untuk masalah-masalah yang sedang kamu hadapi. Ini bisa terjadi karena adanya asupan oksigen yang membantu sistem saraf pusat, termasuk otak, berfungsi lebih aktif.

4. Terhindar dari Penyakit Kardiovaskular

Aktivitas olahraga seperti lari merupakan hal yang dapat membantu kamu hidup lebih lama. Hal ini dibuktikan oleh seorang asisten profesor bidang kinesiologi di Iowa University, Amerika Serikat bernama Duck-Chul Lee.

Penelitiannya menunjukkan bahwa mereka yang gemar berolahraga lari cenderung lebih kecil risikonya terkena penyakit kardiovaskular. Minimnya risiko terkena penyakit berarti peluang untuk hidup lebih panjang jauh lebih besar dibandingkan mereka yang tidak suka olahraga lari.

5. Meningkatkan Fungsi Organ Tubuh

Lari secara rutin akan menguatkan jantung, menambah jumlah kapiler serta sel-sel darah merah dalam tubuh. Jantung yang terlatih akan memompa jumlah darah yang lebih besar per siklus. Saat aliran darah meningkat, konsumsi oksigen juga akan meningkat.

Membiasakan diri berlari dengan rutin akan memberikan efek positif pada tulang dan sendi-sendi dalam tubuh. Manfaat olahraga lari juga berlaku bagi orang yang berusia lanjut karena mencegah penyakit sendi degeneratif atau ostearthritis.

3 dari 3 halaman

Manfaat Olahraga Lari Bagi Kesehatan Mental

6. Mengurangi Depresi

Ketika kamu berolahraga, tubuh kamu melepaskan hormon khusus yang disebut endorfin atau hormon kebahagiaan. Saat kandungan endorfin dalam darah meningkat, kamu akan mengalami sedikit perasaan euforia dan perasaan depresi pun menghilang.

7. Memperbaiki Kualitas Tidur

Jika kamu memiliki masalah dengan tidur, olahraga lari dapat membantu kamu mengurangi masalah ini. Cobalah untuk berlari setiap hari di pagi hari. Rutin berlari akan menghilangkan masalah insomnia sehingga meningkatkan kualitas tidur dan membuat pola hidup menjadi lebih baik.

8. Mengurangi Kecemasan

Mengurangi kecemasan adalah salah satu manfaat olahraga lari. Dengan berlari, kamu akan mengalami penurunan ketegangan otot sehingga mengurangi kecemasan yang dialami. Selain itu, berlari dengan banyak orang juga meningkatkan kepercayaan diri.

9. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Berkat manfaat olahraga lari yang berdampak positif pada kesehatan fisik, secara otomatis kepercayaan diri pun akan meningkat. Misalnya, ketika kamu berhasil menurunkan berat badan, kamu akan semakin percaya diri saat tampil di hadapan publik.

10. Motivasi untuk Berinteraksi

Sebagian besar orang melakukan olahraga lari di hari minggu pagi di jogging track yang disediakan khusus untuk mereka yang ingin berolahraga. Selain menjadi hari libur nasional, hari minggu juga dimanfaatkan banyak orang untuk berinteraksi dengan orang-orang yang jarang ditemui.

11. Meningkatkan Semangat dan Disiplin Bekerja

Olahraga lari berpengaruh terhadap peningkatan mood, sehingga mampu menumbuhkan semangat dalam bekerja. Bahkan, menyempatkan diri berolahraga di tengah jam kerja juga dapat meningkatkan performa kerja.

Ini Alasan Finlandia Kembali Ditetapkan Negara Terbahagia
Loading
Artikel Selanjutnya
10 Tempat Wisata di Jepara, Penuh dengan Spot Eksotis
Artikel Selanjutnya
Jenis-Jenis Manusia Purba yang Ditemukan di Indonesia, Banyak Macamnya