Sukses

Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil, Kaya Nutrisi yang Bisa Cegah Hipertensi

Liputan6.com, Jakarta Buah kiwi memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Buah yang memiliki rasa asam ini pun menjadi buah favorit bagi sebagian orang. Selain itu, manfaat buah kiwi pun sangat baik untuk ibu hamil loh

Kiwi sendiri termasuk jenis buah dari tanaman merambat dengan genus Actinidia. Buah kiwi berasal dari Shaanxi, Tiongkok. Buah yang memiliki kulit berwarna hijau kecokilatan ini memiliki daging buah berwarna hijau terang denagn biji kecil hitam didalamnya.

Manfaat buah kiwi sendiri cukup beragam, mulai dari kandungan antioksidan yang tinggi untuk anti kanker dan anti peradangan, obat hypertensi hingga untuk ibu hamil.

Pada masa kehamilan, mengkonsumsi buah kiwi cukup dianjurkan loh. Manfaat buah kiwi bukan hanya untuk ibu hamil saja, melainkan janin yang ada dalam kandungannya. Karena saat sedang hamil, tentu saja tubuh membuatuhkan lebih banyak nutrisi dan juga gizi untuk sang ibu dan juga buah hati.

Mengkonsumsi langsung buah kiwi ataupun membuatnya dalam berbagai olahan juga memiliki kandungan yang baik bagi tubuh loh. Liputan6.com pun telah merangkum kandungan nutrisi buah kiwi serta berbagai manfaat buah kiwi untuk ibu hamil dari berbagai sumber berikut ini, Selasa (12/3/2019).

2 dari 5 halaman

Kandungan buah kiwi

Buah yang memiliki rasa masam namun menyegarkan dan pastinya menyehatkan ini kaya akan nutrisi loh. Selain itu, vitamin yang terdapat pada buah ini pun cukup banyak.

Dalam satu gelas saja nutrisi yang dimiliki oleh buah kiwi pun sangat banyak. Karena banyaknya nutrisi yang ada, maka tak heran jika buah ini menjadi salah satu buah yang wajib di konsumsi untuk ibu hamil. 

Dalam satu gelas kiwi mengandungdung kalori sebanyak 110kkal, 157 IU Vitamin A, 2,6 mg Vitamin E, 167 mg Vitamin C, 2 gram protein serta 5,4 gram serat. Selain itu buah kiwi pun mengandung magnesium, kalium, zat besi, kalsium dan juga seng yang tentu saja baik untuk ibu hamil dan juga janin.

3 dari 5 halaman

 Melindungi DNA bayi dan mengandung asam folat tinggi

1. Melindungi DNA Bayi 

Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah kiwi ini bermanfaat untuk melindungi DNA bayi. Selain itu, antioksidan ini juga bermanfaat loh untuk bantu jaga kesehatan sang ibu.

Bukan hanya untuk melindungi DNA dan jaga kesehatan ibu hami, nyatanya antioksidan pun memiliki manfaat untuk mencegah munculnya sel kanker pada tubuh.

2. Asam folat tinggi

Jika memiliki asupan asam folat yang cukup selama masa kehamilan, maka bayi pun dapat tercegah dari spina bifida atau kelainana pada tulang belakang dan juga anencephaly atau kelainan dimana otak tidak terbentuk dengan sempurna.

Mengkonsumsi kiwi saat masa kehamilan sangat bagus. Karena buah kiwi sendiri memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Sedangkan bagi ibu hamil, membutuhkan rata-rata 0,6 hingga 0,8 mg asam folat tiap harinya.

4 dari 5 halaman

Mengatasi mual dan meningkatkan kekebalan tubuh

3. Mengatasi mual

Manfaat buah kiwi lainnya bagi ibu hamil ialah untuk mengatasi mual yang diderita selama masa kehamilan. Bukan hal yang baru lagi jika pada masa kehamilan sang ibu kerap merasakan mual.

Rasa asam yang dimiliki oleh kiwi ini lah yang mampu membantu mengurangi rasa mual untuk ibu hamil. Bukan hanya karena kandungan vitamin C saja yang mampu untuk mengurangi mual, vitamin B yang ada pada kiwi pun bisa menatasi rasa mual loh.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kesehatan pada ibu hamil juga berpengaruh loh pada kesehatan janin yang dikandung. Maka dari itu, bagi para ibu yang sedang hamil, menjaga kesehatan sangatlah penting untuk dilakukan.

Vitamin C yang ada pada buah kiwi ini mampu untuk menambah sistem imun pada tubuh. Apalagi vitamin c pada satu gelas kiwi pun cukup banyak. Sehingga kekebalan tubuh pad aibu hamil pun dapat terjaga dengan baik.

Selain itu, buah yang memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi ini pun bisa membantu kamu untuk menangkal radikal bebas yang mungkin saja membahayakan janin dalam kandungan.

5 dari 5 halaman

Mengatasi hipertensi

5. Mengatasi hipertensi

Pada masa kehamilan mengalami hipertensi tentu saja sangat berpengaruh dan bisa membahayakan ibu hamil dan juga janin. Untuk itu, manfaat buah kiwi lainnya ialah mengatasi masalah hipertensi.

Tentu saja mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi pada ibu hamil bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan pada janin. Selain itu, jika sang ibu mengalami tekanan darah tinggi di masa kehamilan, maka kemungkinan untuk melahirkan diwaktu yang tidak tepat pun bisa terjadi, dan ini akan mengakibatkan bayi terlahir prematur.

Apalagi jika sang ibu memiliki riwayat tekanan darah tinggi, tentu pada masa kehamilan ini sangat diwaspadai. Oleh karena itu, ada baiknya jika pada masa kehamilan sang ibu mengkonsumsi buah kiwi secara rutin dan teratur. 

Dramatis, Pesawat Bergoyang Hebat Sebelum Mendarat
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil, Baik untuk Janin
Artikel Selanjutnya
6 Paket Wisata Bromo yang Tidak Boleh Terlewatkan, Nikmati Alam Indah